Iklan Header

Selasa, 15 Oktober 2024, 22:28 WIB
Last Updated 2024-10-23T15:30:32Z
DairiKomisi Pemilihan UmumPilkada

Sosialisasi, KPU Dairi Lihat Peran Penting Mahasiswa dalam Pemilu Serentak 2024

Foto bersama di acara sosialisasi. (Foto/Istimewa).

Dari – nduma.id


Organisasi kemahasiswaan merupakan bagian penting dari masyarakat yang berperan krusial dalam membangun bangsa dan negara.


Dalam momen penting Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Dairi 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Dairi menyelenggarakan sosialisasi kepada para mahasiswa yang bertempat di aula Hotel Mutiara, Sidikalang. Senin 14 Oktober 2024.


Peserta sosialisasi berasal dari organisasi kemahasiswaan seperti GMNI, HMI, GMKI, PMII dan perwakilan pengurus Muhammadiyah Kabupaten Dairi.


Tujuan sosialisasi ini adalah untuk menyampaikan informasi terkait sejumlah tahapan yang telah dilaksanakan KPU Dairi untuk mendukung terlaksananya Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur di Sumatera Utara, Bupati dan Wakil Bupati di Kabupaten Dairi.


Anggiat Gabe Maruli Sinaga, Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Dairi mengatakan bahwa mahasiswa memiliki peran yang sangat penting dalam menentukan suksesi kepemimpinan di Sumatera Utara dan Dairi, sehingga KPU mengajak mahasiswa menjadi mitra strategis sebagai agen penyumbang suara, memberikan saran, kritik, dan masukan dalam membantu suksesnya tahapan Pilkada Serentak 2024.


Mahasiswa juga diminta memastikan diri mereka telah terdaftar di Daftar Pemilih Tetap (DPT).


"Selain itu KPU Juga menghimbau agar mahasiswa memastikan diri mereka telah terdaftar di DPT," kata Anggiat Gabe.


Sementara itu Rono Anto Sinaga, Koordinator Divisi Perencanaan dan Data KPU Dairi menegaskan pentingnya peran mahasiswa dalam Pemilihan Umum.


Ia mengajak para mahasiswa agar tidak apatis atau golput pada 27 November 2024, dan memastikan bahwa para mahasiswa menggunakan hak pilihnya dalam tahapan Pilkada Serentak dari tahun 2024.


"Kami berharap para mahasiswa menggunakan hak pilih nya dalam tahapan Pilkada serentak nanti," ujarnya.


Dalam sosialisasi tersebut, pemateri yang dihadirkan dari masing-masing organisasi kemahasiswaan memiliki kesempatan untuk menyampaikan pesan dan harapan mereka terhadap para mahasiswa.


Dalam momen yang penting seperti Pemilihan Umum Serentak 2024, partisipasi aktif dari seluruh lapisan masyarakat termasuk para mahasiswa sangat penting untuk menentukan masa depan Kabupaten Dairi dan Sumatera Utara.


Oleh karena itu, peran penting mahasiswa harus dipertahankan dan ditingkatkan demi menjaga demokrasi dan kedaulatan rakyat.


Penulis : Rudi

Redaktur : Son