Iklan Header

Rabu, 16 Oktober 2024, 18:57 WIB
Last Updated 2024-10-17T09:09:00Z
PelajarPolisiSiantar

Sat Lantas Police Goes School ke SMAN 1 Pematangsiantar

Petugas membuka knalpot brong dari sepeda motor pelajar. (Foto/Istimewa).

Pematangsiantar - nduma.id


Ops Zebra Toba 2024, Sat Lantas Polres Pematangsiantar Laksanakan Police Goes School ke SMA Negeri 1 di Jalan Parsoburan, Kelurahan, Sukamakmur Kecamatan Siantar Marihat, Kota  Pematangsiantar. Rabu, 16 Oktober 2024.


Kepala Satuan Lalulintas (Kasat Lantas) Polres Pematangsiantar, AKP Gabriellah A. Gultom, SIK., MH. melaksanakan kegiatan preemtif rangkaian Ops Zebra Toba 2024 dengan Police Goes To School.


Dalam kegiatan itu Kasat Lantas, AKP Gabriellah Gultom,  memberikan himbauan dan edukasi kepada para siswa untuk membangun budaya tertib berlalulintas dalam rangka pelaksanaan Operasi Zebra Toba 2024 di Kota Pematangsiantar. 


Dalam kegiatan itu juga, Sat Lantas Polres Pematangsiantar melakukan pengecekan terhadap kendaraan yang dikendarai para siswa yang ada melakukan dalam kategori 10 pelanggaran prioritas.


Seperti tidak menggunakan helm dan tidak menggunakan kaca spion serta menggunakan knalpot yang tidak sesuai dengan spesifikasi teknis. 


"Kami menyampaikan himbauan dan penekanan terkait tertib dalam berlalulintas khususnya adalah tidak melakukan hal-hal yang termasuk di dalam 10 pelanggaran prioritas termasuk juga dengan tambahan guna melengkapi surat-surat seperti SIM dan STNK serta kewajiban membayar pajak," kata AKP Gabriellah Gultom.


Disebut AKP Gabriellah sepanjang tahun 2024 hingga dengan bulan ini ada lebih kurang 546 pelanggaran yang dilakukan penindakan dalam bentuk tilang.


Untuk kategori knalpot brong dilakukan penyitaan.


Dan untuk kegiatan hari itu terhadap para pelajar diberikan surat teguran karena sifatnya penindakan secara preemtif. 


Ia juga menghimbau kepada masyarakat agar tidak melakukan pelanggaran dijalan yaitu dengan tertib berlalulintas melengkapi kendaraan dengan spion, helm dan juga kelengkapan surat lainnya serta aturan-aturan terkait berkendara yang tertib dan baik dijalan. 


Tidak dalam keadaan mabuk, tidak menggunakan handphone, tidak berboncengan lebih dari satu orang dan tentunya menaati setiap traffic light dan juga marka atau rambut jalan.


Tujuan kegiatan tersebut tercapainya pesan-pesan kamseltibcar lantas.


"Sehingga tercipta tertib berlalulintas terhadap guru dan siswa-siswi SMA Negeri 1 serta masyarakat Kota Pematangsiantar serta tercapainya pesan sosialisasi tertib berlalulintas selama berlangsungnya Operasi Zebra Toba 2024," jelas AKP Gabriellah.


Pada kesempatan itu Kepala SMA Negeri 1 Pematangsiantar, Bona Sihombing, M.Pd. menyampaikan banyak terima kasih kepada pihak kepolisian khususnya Sat Lantas Polres Pematangsiantar yang sudah datang menghimbau anak-anak sekolah terutama di dalam pendidikan SMA Negeri 1 Pematangsiantar. 


"Kami juga sangat-sangat apresiasi dengan kegiatan ini, karena anak-anak ini pun tidak bisa hanya sekolah yang membina jadi harus ikut dengan Kepolisian," katanya.


Tampak hadir dalam kegiatan itu seluruh Perwira, Kanit dan personel Sat Lantas Polres Pematangsiantar, Kepala SMA Negeri 1 Pematangsiantar, Bona Sihombing M.Pd., para guru dan para siswa-siswi SMA Negeri 1 Kota Pematangsiantar.


Penulis : Ari

Redaktur : Rudi