Iklan Header

Kamis, 17 Oktober 2024, 19:00 WIB
Last Updated 2024-10-17T12:00:50Z
Pakpak BharatPanganPertanian

Sambut Presiden Jokowi, Franc Tumanggor Berharap Genomik Bisa Bantu Pertanian di Pakpak Bharat

Foto bersama Presiden Jokowi. (Foto/Istimewa).

Pakpak Bharat - nduma.id


Franc Bernhard Tumanggor, Bupati Pakpak Bharat Nonaktif turut menyambut kehadiran rombongan RI, H Joko Widodo di Kabupaten Humbang Hasundutan Rabu, 16 Oktober 2024. 


Presiden Jokowi melakukan kunjungan kerja di wilayah Sumut, diantaranya Kabupaten Humbang Hasundutan dengan sejumlah agenda penting.


Di Humbang Hasundutan, Presiden Joko Widodo meresmikan Pusat Riset Genomik Pertanian di Kabupaten Humbang Hasundutan. 


Presiden menekankan pentingnya peningkatan produksi pangan di tengah tantangan perubahan iklim yang semakin nyata. 


Jokowi juga mengatakan, perubahan iklim sekarang ini semakin nyata dirasakan dan dampaknya tidak hanya berkaitan dengan udara panas, tetapi juga produksi pangan dunia menjadi turun.


“Panasnya berapa bulan, hujannya berapa bulan, sulit sekarang ini diprediksi dan dihitung sehingga menyebabkan produksi pangan di semua negara, hampir di semua negara turun. Dan ketakutan dunia adalah nantinya terjadi krisis pangan,” kata Presiden dalam sambutannya.


Sementara itu Franc Bernhard Tumanggor sendiri berharap, adanya Pusat Riset Genomik ini bisa membantu pertanian di Kabupaten Pakpak Bharat.


"Mungkin dengan penyediaan bibit unggul, membantu penelitian tanah dan sebagainya. Untuk jangka panjangnya akan segera kita persiapkan," ucap Franc.


Turut mendampingi Presiden dalam peresmian ini, di antaranya Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.


Penulis : Harapan

Redaktur : Rudi