Iklan Header

Jumat, 11 Oktober 2024, 17:43 WIB
Last Updated 2024-10-11T10:43:12Z
PersPilkadaTOBA

Peran Media Pers Penting Suksesan Pilkada Serentak 2024

Suasana temu Pers. (Foto/Istimewa).

TOBA-nduma.id


Peran media Pers sangat dibutuhkan untuk kesuksesan Pilkada serentak 2024. 


Melalui penyampaian informasi yang berimbang dan akurat maka masyarakat akan lebih dewasa mencermati perubahan informasi terutama persiapan Pemkab dalam Pilkada serentak 2024.


Demikian hal itu disampaikan Pejabat Sementara (Pjs) Bupati Toba Dr Agustinus Panjaitan saat memimpin kegiatan temu pers terkait persiapan Pemkab Toba dalam Pilkada serentak 2024 bersama puluhan wartawan/wartawati media cetak, online, elektronik dan televisi yang bertugas di kabupaten Toba di gedung Balai Data lantai IV kantor Bupati. Jumat 11 Oktober 2024.


Pjs Bupati Toba Dr Agustinus Panjaitan dalam sambutanya menyampaikan sejak efektif bertugas sebagai Pjs di Kabupaten Toba ini baru pertama kali dirinya bertatap muka dengan kalangan media pers.


Meski begitu, dirinya sangat berharap peran serta media pers untuk mewujudkan Pilkada damai dan aman sangatlah dibutuhkan.


"Ini baru pertama saya bertemu dengan teman-teman pers sejak saya efektif bertugas di Kabupaten Toba. Tugas saya sebagai Pjs adalah mengisi kekosongan pemerintahan dan memberikan rasa aman dan tentram bagi seluruh masyarakat Toba," katanya.


"Dalam Pilkada, kita ingin pastikan netralitas para ASN. Mari kita persiapkan pilkada dengan baik sampai perhitungan dan penetapan. Semua kegiatan ini tidak terlepas dari pantauan pers. Kami sangat membutuhkan kerjasama yang baik dengan kalangan media dan pers" ungkap Agustinus lagi.


disampaikannya pers adalah mata dan telinga masyarakat dan sebagai sosial kontrol pemerintah. 


Dalam Pilkada 2024 Pjs Bupati berharap seluruh masyarakat memberikan partisipasinya untuk datang ke TPS guna memberikan hak pilihnya.


Karena menurutnya jika Pilkada berjalan maksimal dan tingkat partisipasi masyarakat tinggi maka tidak diragukan lagi ke depan Toba bisa di pimpin oleh pemimpin yang memiliki Kapabilitas yang tinggi.


"Peran pers untu mensosialisasi pilkada 2024 ke masyarakat sangat perlu. Jika partisipasi masyarakat dalam pilkada maksimal maka indikatornya adalah legitimasi makin tinggi pemimpin semakin baik, tingkat kwalitas demokrasi makin baik juga," ujarnya.


Dikatakan dalam masa kampanye pasti ada potensi-potensi kerawanan, sebab itu perlu ada pengawasan dari pers melalui berita secara faktual dan berimbang serta konfirmasi yang benar.


Sekda Toba Augus Sitorus mengatakan Pers adalah mitra dari pemerintah dalam menyukseskan Pilkada 2024. 


Dan peran pers dalam Pilkada serentak 2024 sangat dibutuhkan.


"Peran pers dalam Pilkada 2024 sangat dibutuhkan dalam penyampaian informasi. Saat ini Pemda telah membentuk desk Pilkada toba sesuai peraturan Bupati. terkait tugas dan fungsinya telah jelas diatur didalamnya. Sesuai tahapannya saat ini Pilkada masuk pada masa kampanye," sebutnya.


Ia berharap pada Pilkada nanti seluruh masyarakat bisa berpartisipasi aktif dan pers diharapkan bisa lebih maksimal dalam penyebaran informasi secara akurat dan berimbang.


Disampaikan sesuai aturan dan peraturan dalam penyelenggaraan Pilkada serentak tahun 2024,  Pemda Toba telah menyalurkan dan menghibahkan anggaran baik ke KPU maupun Bawaslu kabupaten. 


Anggaran ke KPU sebesar 33, 069 Milyar, Bawaslu 14,5 Milyar dan selebihnya 4 Milyar ke Polri dan 2 Milyar ke Kodim telah disalurkan seratus persen.


"Untuk mensuksekan Pilkada tahun 2024 sesuai aturan dan peraturan Pemda Toba telah menghibahkan dan menyalurkan anggaran sesuai posnya, dan anggaran telah diserahkan 100 persen," sebut Augus.


Dipandu oleh Kepala Dinas Kominfo Toba Sesmon Butar-butar, sejumlah wartawan menyampaikan pertanyaan serta saran membangun untuk kesuksesan pelaksanaan Pilkada serentak 2024.


Sedang dalam laporan Kepala Bidang PIKP Diskominfo Toba Rikardo Simamora menyebut maksud dan tujuan dari kegiatan temu pers adalah membangun silaturahmi antara Pemda dan pers serta sekaligus untuk penyebarluasan informasi terkait persiapan Pemda dalam pilkada serentak 2024. 


Penulis : James Sirait

Redaktur : Rudi