Iklan Header

Selasa, 15 Oktober 2024, 10:50 WIB
Last Updated 2024-10-15T03:57:54Z
DairiDewan Perwakilan RakyatPelantikanPemilihan Umum

Meningkatkan Sinergi Melayani Rakyat, 35 Anggota DPRD Dairi Dilantik

Pengambian sumpah 35 Angota DPRD Dairi. (Foto/Istimewa).

Dairi – nduma.id


Sebanyak 35 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Dairi resmi dilantik dan diambil sumpahnya. Senin 14 Oktober 2024.


Proses sakral itu digelar di Gedung Balai Budaya Sidikalang oleh Ketua Pengadilan Negeri Sidikalang, Eva Rina Sihombing, pada Rapat Paripurna Pengambilan Sumpah/Janji Anggota DPRD 2024-2029 dihadiri oleh Pj. Bupati Dairi, Surung Charles Lamhot Bantjin, dan pejabat lainnya.


“ Kami mengucapkan selamat kepada 35 anggota DPRD yang telah dilantik pada hari ini,” kata Surung Charles Lamhot Bantjin memberikan sambutannya. .


Charles menekankan pentingnya sinergi antara DPRD dan kepala daerah sebagai check and balances agar penyelenggaraan pemerintah daerah dapat berjalan efektif pada setiap periode kepemimpinan.


Menurutnya kerja sama yang harmonis tersebut dapat memberikan respons yang cepat dalam pemecahan persoalan kerakyatan di tingkat lokal, membangun kerja sama yang efektif di tingkat regional, dan mendukung keberhasilan agenda prioritas nasional.


Terutama dalam pelaksanaan Pilkada 2024, yang menjadi momentum untuk menyinkronkan rencana kerja pemerintah pusat dan daerah.


"Oleh sebab itu, sinergitas dan kolaborasi kerja kolektif antara DPRD dan kepala daerah harus diarahkan secara positif untuk memberikan respons cepat dalam pemecahan persoalan kerakyatan di tingkat lokal, membangun kerja sama yang efektif di tingkat regional, serta mendukung suksesnya agenda prioritas nasional, terutama dalam pelaksanaan Pilkada 2024 yang merupakan momentum menyinkronkan rencana kerja pemerintah pusat dan daerah," sebutnya.


Ia pun berharap sinergi yang baik antara DPRD Dairi dan kepala Daerah dapat memberikan hasil yang baik untuk pelayanan masyarakat.


“Semoga sinergi yang baik ini dapat memberikan hasil yang baik dalam menyelenggarakan pemerintahan di Kabupaten Dairi,” tandasnya.


Dikatakan pengambilan Sumpah/janji anggota DPRD Kabupaten Dairi merupakan tindak lanjut dari Surat Keputusan Gubernur Sumatera Utara Nomor 188.4/646/KPTS/204 tentang pemberhentian Anggota DPRD Kabupaten Dairi masa jabatan 2019-2024 dan Peresmian pengangkatan Anggota DPRD masa jabatan 2024-2029.


Sabam Sibarani pimpin rapat paripurna DPRD Dairi. (Foto/Istimewa).

DPRD Dairi Untuk Kemaslahatan Masyarakat


Pelantikan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Dairi dinilai tidak hanya sekedar mengambil sumpah/janji saja.


Ketua DPRD Kabupaten Dairi 2019-2024, Sabam Sibarani, dalam sambutan menilai masih ada kekurangan dalam mengantarkan perjalanan DPRD selama lima tahun terakhir.


"Kami menyadari bahwa berbagai hal yang telah dilakukan dalam mengantarkan perjalanan DPRD selama lima tahun ini, masih terdapat kekurangan di dalamnya,” ujarnya pada acara pelantikan.


Karena itu Sabam Sibarani berharap bahwa pengalaman DPRD periode 2019-2024 dapat dijadikan sebagai tongkat estafet oleh 35 Anggota DPRD Kabupaten Dairi yang baru dilantik agar dapat menghasilkan karya-karya bermanfaat untuk masyarakat Kabupaten Dairi.


“Saya mewakili anggota DPRD Kabupaten Dairi masa jabatan 2019-2024 mengharapkan kepada anggota DPRD 2024-2029 agar pengalaman kami selama 5 tahun sebelumnya dapat menjadi tongkat estafet untuk menghasilkan karya-karya bermanfaat bagi kemaslahatan rakyat Kabupaten Dairi," ucapnya.


Dalam masa jabatan periode 2019-2024 DPRD Dairi dikatakan berhasil menyelesaikan 37 peraturan daerah, 72 keputusan DPRD Kabupaten Dairi, dan 90 Keputusan Pimpinan DPRD.


Angka tersebut dinilai cukup tinggi mengingat DPRD Kabupaten Dairi melayani masyarakat sesuai dengan amanah yang diberikan.


Mengutip Surat Keputusan Gubernur Sumatera Utara Nomor 188.4/646/KPTS/204, pimpinan sementara DPRD Kabupaten Dairi disepakati yaitu Sabam Sibarani sebagai Ketua Sementara dan Halvensius Tondang sebagai Wakil Ketua sementara.


Foto 35 Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten Dairi. (Foto/Istimewa).

Adapun 35 daftar nama anggota DPRD Dairi terpilih untuk periode 2024-2029, adalah sebagai berikut:


Dapil I

1. Jogia Sopipot Simarmata (Golkar)

2. Tony Juni Putra Lumban Gaol (Golkar)

3. Halim P Lumbanbatu (Demokrat)

4. Bona Hasudungan Sitindaon (Demokrat)

5. Abdul Gafur Simatupang (Gerindra)

6. Joel Simanullang (Gerindra)

7. Batara Armin Steve Sinaga (PDIP)

8. Radeanto Banjarnahor (Perindo)

9. Togar Pasaribu (Hanura)

10. Hendra Sinaga (PSI)


Dapil II

1. Sabam Sibarani (Golkar)

2. Romy Frida Mariani (Golkar)

3. Nurlinda Angkat (Golkar)

4. Hendra Christian Parlinggoman Tambunan (PDIP)

5. M Syahdani Putra Pardosi (PKS)

6. Rade Pendapotan Simamora (Gerindra)

7. Mitro Lumban Batu (Demokrat)

8.Juangga Silaban (NasDem)


Dapil III

1. Carles Tamba (Golkar)

2. Hendra Krista Tarigan (Golkar)

3. Fitrianto Berampu (PDIP)

4. Idul Fitiri Tarigan (PDIP)

5. J. Putra Ginting (NasDem)

6. Rasiden Damanik (Gerindra)

7. Andi P Pasaribu (PSI)

8. Erick Sanjaya Simbolon (Hanura)

9. Cipta Karo-Karo (Demokrat)


Dapil IV

1. Veri Antoni Sidebang (PDIP)

2. Halvensius Tondang (PDIP)

3. Ferry Marlinton Sinaga (PDIP)

4. Nahason Lumban Gaol (Golkar)

5. Agusto Benyamin Samosir (Golkar)

6. Wanseptember Situmorang (Demokrat)

7. Rukiatno Nainggolan (Demokrat)

8. Kian Munte (NasDem)



Pengambilan sumpah janji anggota DPRD Dairi. (Foto/Istimewa).

Mendagri Sebut Pelantikan DPRD Wujud Sukses Demokrasi di Kabupaten Dairi


Proses pengambilan sumpah dan janji 35 Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Dairi hasil Pemilu tahun 2024 sukses dilaksanakan.


Menteri Dalam Negeri, Muhamad Tito Karnavian, dalam sambutannya menyebutkan bahwa pengambilan sumpah/janji anggota DPRD Kabupaten/Kota merupakan salah satu puncak dari seluruh rangkaian proses pelaksanaan pemilihan umum anggota DPRD yang merupakan wujud sukses pelaksanakan kedaulatan rakyat.


Karena itu dalam sambutan tertulisnya, Tito mengajak masyarakat Indonesia untuk berbangga karena Indonesia berhasil membuktikan bahwa negeri ini merupakan bangsa yang menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi.


Karena sudah berhasil melaksanakan 13 kali pemilihan umum yang relatif tertib dan lancar.


“Oleh karena itu atas nama pemerintah saya menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh rakyat Indonesia yang telah menggunakan hak konstitusionalnya di dalam pemungutan suara pada 14 februari 2024 lalu,” sebit Tito dalam Sambutan tertulisnya di Bacakan Pj Bupati Dairi.


Dalam sambutannya, Tito juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat dalam pelaksanaan Pemilu, mulai dari Komisi Pemilihan Umum, Badan Pengawas Pemilu, Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu, pemerintah daerah, keamanan, rekan media/pers, serta seluruh masyarakat yang telah berkolaborasi dan bekerja sama dengan segenap komponen bangsa guna turut mensukseskan pelaksanaan Pemilu yang damai, demokratis, lancar, dan aman.


Dijelaskan Sesuai Pasal 18 ayat 3 UUD NKRI tahun 1945, pemerintah daerah provinsi, kabupaten, dan kota memiliki Dewan Perwakilan Rakyat Daerah yang anggota-anggotanya dipilih melalui pemilihan umum.


Oleh karena itu, menurut Tito, ada 2 hal yang perlu dicermati oleh para Anggota DPRD yang baru saja dilantik.


“Pertama kedudukan DPRD merupakan bagian integral dari pemerintah daerah dimana karakter dari DPRD di dalam kerangka negara kesatuan memiliki corak yang berbeda dengan kedudukan lembaga legislatif di negara-negara federal yang menganut pemisahan kekuasaan negara secara absolut hingga ke tingkat lokal atau regional. Oleh karena itu undang-undang no omor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah meletakkan DPRD sebagai unsur penyelenggara pemerintahan Daerah yang bermitra sejajar dengan kepala daerah,” katanya


“Ke dua setiap anggota DPRD dipilih dalam pemilu yang pencalonannya melalui partai politik. Hal ini tentunya memiliki perbedaan dengan pemilihan kepala daerah yang di mungkinkan calonnya melalui jalur perseorangan,” sebut Charles membacakan sambutan Menteri Dalam Negeri.


Melalui pengambilan sumpah/janji ini, diharapkan para Anggota DPRD Kabupaten Dairi dapat memperjuangkan kepentingan rakyat dan melaksanakan tugas serta amanah yang diberikan dengan sepenuh hati dan tanggung jawab.


Warga berharap pelantikan ini menjadi tonggak sukses dalam mewujudkan demokrasi yang berlandaskan nilai-nilai luhur bangsa Indonesia.


Penulis : Rudi

Redaktur : Son