Iklan Header

Senin, 21 Oktober 2024, 23:23 WIB
Last Updated 2024-10-21T16:23:15Z
24 KaderKTD GMNIPematangsiantarSukses Lahirkan

KTD GMNI Pematangsiantar Sukses Lahirkan 24 Kader


Pematangsiantar - nduma.id, Dewan Pimpinan Cabang Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) cabang Pematangsiantar melaksanakan pengkaderan tingkat pertama melalui, Kaderisasi Tingkat Dasar (KTD) dengan tema" Akselerasi Ideologi Marhaenisme Agar Tercapai Rejuvinasi di Bumi Sipangambei Manoktok Hitei"

Dilaksanakan selama 4 Hari, (17 Oktober - 20 Oktober 2024. Pembukaan Kaderisasi Tingkat Dasar dilaksanakan di Ruang Serbaguna Pemko Pematangsiantar dan di buka oleh Ketua DPD GMNI SUMUT Bung Armando Sitompul. Kegiatan ini berjalan dengan baik dengan mengundang KPU Pematangsiantar Muhammad Isman Hutabarat dan Tim Pemeriksa daerah DKPP SUMUT Prof. Dr. Kusbianto, SH.,M.Hum sebagai Narasumber sosialisasi Produk Hukum Pilkada 2024. Kegiatan ini bermaksud mengajak khalayak umum untuk bersama-sama mengkawal proses pemilihan supaya berjalan dengan damai dan bersama sama untuk menyatakan "TOLAK POLITIK UANG"

Peserta KTD dibekali Materi, di Dinas Sosial pelayanan tunarungu dan panti jompo Sumatera Utara, Desa Sihaporas Kecamatan Pamatang Sidamanik, dan Pesanggrahan Bung Karno Parapat. Ketua DPC GMNI Pematangsiantar,  Bung Ronald Panjaitan,  menyampaikan bahwa kaderisasi ialah sebagai mata air dalam kehidupan organsasi.

"Maka Kaderisasi Tingkat Dasar ini adalah proses kepada anggota GMNI untuk menjadi seorang kader pejuang pemikir-pemikir pejuang yang progresif, militan, dan memiliki loyalitas tinggi terhadap organisasi sebagai generasi penerus," Kata Bung Ronald Panjaitan.

Sebagaimana termaktub dalam motto perjuangan GMNI yaitu pejuang pemikir pemikir pejuang. Dalam artian, pejuang rakyat yang selalu memikirkan perjuangan dan kelanjutan perjuangannya dan pemikir (intelektual) yang selalu mengabdikan ilmunya untuk perjuangan rakyat sepenuhnya. 

Sekretaris GMNI Pematangsiantar Bung Daniel C. Tampubolon, mengatakan , Maka GMNI Pematangsiantar berharap Bung dan Sarinah yang telah menjadi kader dapat melaksanakan perjuangan nya dengan konsisten.

"Ingat semua bermula dan beranjak dari satu roh ideologi yaitu Marhaenisme dan jadilah kader-kader yang tangguh," Tutur Bung Daniel Tampubolon.

Disisi lain, Bung Nicho Gurning Ketua paniti yang juga Wakabid Kaderisasi, Sarinah Nita Utami Sinurat Sekretaris Panitia dan Sarinah Cindy R. sihombing bersama-sama, mengatakan sangat mengapresiasi semangat peserta dalam mengikuti setiap prosesnya dalam kegiatan Kaderisasi Tingkat Dasar (KTD) GMNI Kota Pematang Siantar

"Tentu proses ini tidaklah mudah, kita harus mengorbankan waktu, tenaga, pikiran dan kesibukan lain untuk menuntaskan dari pada agenda ini," Katanya.

Sebanyak 24 peserta yg dalam kegiatan KTD, ada 7 Materi, Dimana Materi tersebut ialah materi yg terdapat dalam silabus kaderisasi.  Besar harapan, dalam hal ini dapat menjadi modal sebagai seorang kader untuk menjadi pelopor dan penggerak dalam setiap pergerakan serta perjuangan ke depan. Beban Moral Dan tanggung jawab kepada ideologi tidak boleh lepas jika sudah di kukuh kan menjadi seorang kader.

DPC GMNI Pematangsiantar berpesan untuk selalu mengkawal rakyat dan berjuang bersama rakyat, melalui KTD kita pengurus cabang bersama peserta melaksanakan Live in di Sihaporas Kecamatan Pematangsidamaik dengan disuguhkan muatan lokal persoalan konflik di daerah yang selanjutnya bersama masyarakat setempat melaksanakan penanaman pohon. 

Dalam kesempatan itu, ketua Adat Lamtoras, Desa Sihaporas turut memberikan tanggapan, katanya, kehadiran GMNI menambah Sprit.

"Melihat adik adik GMNI yang hadir hari ini kami sangat senang dan menambah semangat kami selaku masyarakat adat, kami berharap semoga PERDA masyarakat adat dapat segera terbentuk demi kesejahteraan masyarakat adat seluruh Indonesia," tutur ketua adat lamtoras.

DPC GMNI Pematangsiantar mengucapkan Terimakasih yang sebesar-besarnya kepada stakeholder yang mendukung kegiatan KTD ini. Penulis: Ari