Iklan Header

Rabu, 09 Oktober 2024, 22:10 WIB
Last Updated 2024-10-10T07:35:40Z
DairiMoney PolitikPilkada

Dugaan Money Politik Sabam Sibarani Dilaporkan ke Bawaslu Dairi

Ketiga pelapor menunjukkan bukti laporan ke Bawaslu Dairi. (Foto/Rudi).

Dairi – nduma.id


Pasca video bagi-bagi uangnya beredar dan viral, Ketua DPD II Partai Golkar Kabupaten Dairi Sumatera Utara Sabam Sibarani di laporkan ke Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu)  Kabupaten Dairi. Rabu 9 September 2024.


Sabam Sibarani di laporkan terkait dugaan money politik di Kecamatan Silahisabungan.


Kuasa hukum pelapor, Mangatur Simbolon, mengatakan dari video yang beredar itu ada dugaan tindakan money politik, karena itu pihaknya membuat laporan ke bawaslu  Kabupaten Dairi agar menguji kebenaran itu.


“Kita duga membagi bagikan uang, yang notabennya adalah bagian dari tim dari paslon nomor 5, nah untuk menguji kebenarannya itu money politik atau tidak itu menjadi motivasi kita hari ini datang ke Bawaslu supaya peristiwa itu di uji. Kira -kira begitu,” kata Mangatur Simbolon.


Saat membuat laporan Mangatur Simbolon didampingi Indra Lubis, dan Jhonny Sitinjak dari BBHAR (Badan Bantuan Hukum dan Advokasi Rakyat) DPC PDI Perjuangan Dairi.


Dalam Pelaporan itu, mereka melampirkan bukti berupa video yang sudah di simpan kedalam flash disk.

 

“Sudah di terima, ini bukti laporan kita, tapi tadi sempat agak berdebar sedikit ternyata mekanisme di Bawaslu itu berbeda dengan seperti kita membuat laporan di pidana umum seperti di Polres,” tandas Mangatur.


Saat membuat laporan di Bawaslu katanya pelapor harus membuat syarat formil dan materilnya.


“Hari ini sebagai pelapor di sini adalah Bapak Resoalon Lumban Gaol sebagai ketua DPC PDI Perjuangan Dairi dan kita diberi kuasa untuk membuat laporan karena berdasarkan peraturan di Bawaslu membuat laporan dengan di berikan kuasa itu sah,” ujarnya.


Sebelumnya Kepada Media, Sabam Sibarani sudah membantah kalau aksinya ini bukan merupakan tindakan Money Politik.


Pelapor adalah Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Dairi.


Sabam mengatakan itu di lakukan saat acara konsolidasi internal partai Golkar di tingkat desa kelurahan di Kecamatan Silahisabungan dan bukan di kegiatan kampanye.


Peserta yang hadir seluruhnya adalah pengurus dan kader Partai Golkar.


Uang yang di bagi-bagikan Sabam itu di sebutnya sebagai bentuk silaturahmi antara pengurus Partai Golkar Dairi dengan pengurus dan Kader Partai Golkar di tingkat kecamatan dan desa / kelurahan.

 

Ia mengibaratkan uang itu seperti Ayah yang memberikan  uang kepada anak-anaknya.


Penulis : Rudi

Redaktur : Son