Iklan Header

Senin, 14 Oktober 2024, 15:25 WIB
Last Updated 2024-10-17T10:02:18Z
Bawaslu Sumutdi Desa Sibuntuon UluanLaunching HutaPengawasan PartisipatifTOBA

Bawaslu Sumut Launching Huta Pengawasan Partisipatif di Desa Sibuntuon Uluan

Pj Bupai Toba menggunting pita. (Foto/James Sirait).

TOBA - nduma.id, 

Menjelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumatera Utara menggelar launching Huta Pengawasan Partisipatif Pilkada di Desa Sibuntuon Kecamatan Uluan, Senin 14 Oktober 2024.

Dihadiri oleh masyarakat dari unsur lansia, tokoh masyarakat, tokoh agama Pemerintah Desa Sibuntuon serta para pelajar SD dan SMA  serta Panwascam dari 16 Kecamatan, kegiatan launching ini  sekaligus menjadi kegiatan sosialisasi kepada masyarakat untuk aktif dalam proses mengoptimalkan pengawasan tahapan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati di kabupaten Toba.

Rangkaian kegiatan launching adalah pengguntingan pita oleh Ketua Bawaslu Sumut diwakili anggota Bawaslu Sumut Kordiv Pencegahan dan Parmas Suhadi S Situmorang dan unsur Forkopimda.

Lalu dilanjutkan dengan parade dan yel yel oleh Panwascam dari 16 Kecamatan di Kabupaten Toba. Acara juga dirangkai dengan acara hiburan  tarian dari ibu ibu Lansia Desa Sibuntuon, SMA Neg 2 Balige, SDN Sibuntuon yang seluruhnya sebagai salah satu bentuk solidaritas pengawas, pelaksana bersama masyarakat dalam menyukseskan Pilkada Toba tahun 2024.

Kepala Desa Sibuntuon Radianto Manurung dalam sambutan menyampaikan selamat datang kepada seluruh unsur Forkopimda serta Bawaslu di Huta Pengawasan Partisipatif di Desa Sibuntuon. Ia mengucapkan terima kasih kepada Bawaslu atas dipilihnya Desa Sibuntuon sebagai tuan rumah Huta Pengawasan Partisipatif pada Pilkada 2024.

"Pemerintah Desa dan masyarakat sangat mendukung program Bawaslu. Kami berharap melalui program Bawaslu bisa memberikan dampak yang signifikan sehingga masyarakat semakin berpartisipasi dalam menggunakan hak pilih pada Pilkada 2024"

"Semoga pemimpin ke depan adalah murni hasil pilihan masyarakat dan yang terpilih nantinya takut akan Tuhan" ujar Kepala Desa Sibuntuon Radioanto Manurung sambil memaparkan sejarah desa Sibuntuon terdiri atas 3 dusun dengan  luas wilayah 650 ha terdiri dari lahan sawah, lahan kosong, lahan perladangan dan jumlah KK sebanyak  221 dengan jumlah penduduk 684.

Ketua Bawaslu Toba Sahat Sibarani dalam sambutan mengatakan tanpa masyarakat Bawaslu tidak bisa melakukan pengawasan. Ia juga menyampaikan terima kasih kepada kepala desa Sibuntuon yang telah ikut membantu program Bawaslu melalui penyediaan lokasi di Desanya.

"Merasa penting berkolaborasi dengan forum forum masyarakat. Bawaslu ingin mendekatkan diri dengan masyarakat dalam Pengawasan Partisipatif" ujar Ketua Bawaslu Toba Sahat Sibarani.

Kapolres Toba AKBP Wahyu Indrajaya SH. S.I.K menyampaikan sangat mengapresiasi tahapan pilkada di Kabupaten Toba yang sampai saat ini masih berlangsung aman, damai dan lancar serta tidak ada komplik.

"Memasuki tahapan kampanye, situasinya masih kondusif aman dan lancar. Biar ada perbedaan dukungan paslon, mari kita jadikan pilkada menjadi pesta demokrasi yang penuh sukacita"

"Siapapun pemenang dalam Pilkada adalah kemenangan seluruh masyarakat Toba. Terima kasih atas penyelenggaraan acara ini" ujar Kapolres AKBP Wahyu Indrajaya.

Kepala Kejaksaan Negeri Balige Dohar Nainggolan mengatakan desa Sibuntuon harus berbangga karena dipilih menjadi satu satunya desa yang ada di kabupaten Toba sebagai tuan rumah dari program Bawaslu yaitu Huta Pengawasan Partisipatif.

"Sentra Gakkumdu sangat mendukung kegiatan launching Huta Pengawasan Partisipatif di Desa Sibuntuon ini. Masyarakat Sibuntuon harus berbangga diri, karena telah dipilih menjadi Huta Pengawasan Partisipatif. Sebentar lagi kita akan melaksanakan Pilkada,  mari berikan hak politik masing masing dengan datang ke TPS"

"Hindari main hakim sendiri, kita harus belajar sadar hukum,  apa yang bisa kita lakukan dan mana yang tidak bisa lakukan. Huta Pengawasan Partisipatif di desa Sibuntuon ini adalah contoh bagi masyarakat yang ada desa di kabupaten Toba"tutur Kejari Dohar Nainggolan.

Pejabat Sementara (Pjs) Bupati Toba Dr Agustinus Panjaitan dalam arahan mengatakan pemerintah kabupaten Toba sangat mendukung berlangsungnya  Pilkada serentak berjalan lancar dan damai"

"Pemda Toba sangat mensupport kegiatan ini baik secara dana maupun fasilitas lainya. Pemkab berterima kasih kepada Bawaslu atas launching kegiatan ini. Harapan kita kegiatan ini bisa  mengedukatif masyarakat"

Ia berharap ke depanya pasca kegiatan launching,  pihak Bawaslu diminta untuk melakukan keberlanjutan program lainya untuk kesuksesan Pilkada serentak 2024.

Ketua Bawaslu Sumut diwakili anggota Bawaslu Koordinator Divisi Pencegahan dan Parmas  Suhadi S  Situmorang mengatakan bahwa Bawaslu memiliki 3 program unggulan seperti konsolidasi sekolah kader pengawas partisipatif goes to school atau kampus dan peresmian kampung pengawasan. 

"Sumatera Utara terdiri dari 33 kab kota. Setiap kabupaten pasti ada 1 desa menjadi role model untuk jadi contoh bagi desa lainya"

"Launching Huta Pengawasan Partisipatif di Desa Sibuntuon ini bukanlah acara seremonial belaka. Pasca peresmian akan ada kerjasama dengan forum forum masyarakat terkait pengawasan partisipatif" ujar anggota Bawaslu Suhadi Situmorang.

Ditambahkan, launching kampung atau Huta Pengawasan Partisipatif melibatkan seluruh stakeholder dan elemen masyarakat, mulai dari petani, nelayan, guru dan masyarakat lainya yang tujuannya adalah menghindari money politik serta menolak politisasi sara.

"Masyarakat jangan segan melaporkan ke pengawas pemilu terdekat bila melihat atau menemukan pelanggaran dalam pelaksanaan Pilkada. Mari kita ciptakan  Pilkada yang luber" ajak Kordiv Pencegahan dan Parmas Bawaslu Sumut Suhardi

Acara Launching juga dirangkai dengan pengucapan deklarasi sebagai Ikrar secara suka rela oleh masyarakat desa Sibutuon sebagai wujud partisipasi dalam mengawasi dan menyukseskan pelaksanaan pilkada tahun 2024.

Isi deklarasi adalah mewujudkan pilkada yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil. Mewujudkan Pilkada yang aman tertib damai berintegritas, tanpa hoax, politisasi sara dan politik uang. Mewujudkan pengawasan pilkada partisipatif oleh masyarakat. Berani melaporkan jika terjadi dugaan pelanggaran pilkada.

Sebagai tanda mulainya program pencanangan Huta Pengawasan Partisipatif dilakukan tabuh gendang bersama oleh pihak Bawaslu dan unsur Forkopimda, lalu dilakukan penandatanganan naskah deklarasi.

Kegiatan launching ditutup dengan pemberian cinderamata oleh Bawaslu Toba kepada Bawaslu Sumut serta kepada pemenang lomba parade dan yel yel Panwascam.

Acara launching turut dihadiri Komisioner Bawaslu Toba  Daniel Sharon Pasaribu, Japarlin Napitupulu. Ketua KPU Toba Sugar Fernando Sibarani, Camat Uluan Winra Marpaung dan Dr Dippos Manalu dari pihak akademisi. 

Penulis : James Sirait
Redaktur : Rudi