Iklan Header

Rabu, 17 Juli 2024, 09:53 WIB
Last Updated 2024-07-29T02:57:24Z
EkonomiKoperasiPakpak Bharat

Tingkatan Pemahaman Prinsip Koperasi, Pemkab Pakpak Bharat Pelatihan Manajemen Perkoperasian

Suasana pelatihan Koprasi di Pakpak Bharat. (Foto/Istimewa).

Pakpak Bharat - nduma.id


Di masa kini, koperasi memiliki peran yang sangat penting dalam kemajuan perekonomian masyarakat. 


Oleh karena itu, Pelatihan Manajemen Perkoperasian yang diadakan oleh Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Pakpak Bharat, sangatlah tepat.


Pelatihan digelar  di Ruang kelas balai Diklat BKPSDM Pakpak Bharat. Selasa 16 Juli 2024.


PLT. Kepala Dinas Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Pakpak Bharat, Sahat Parulian Boangmanalu, S.Pd,MM atas nama Bupati Pakpak Bharat Franc Bernhard Tumanggor mengatakan ini langkah yang tepat dalam bentuk pembinaan manajemen bagi pengurus, pengawas, serta anggota koperasi yang ada di Kabupaten Pakpak Bharat.


Dalam kegiatan tersebut, peserta mendapatkan pemahaman dan peningkatan tentang prinsip-prinsip koperasi dalam bagian manajemen perkoperasian dan pentingnya pelaksanaan Rapat Anggota Tahunan (RAT) sebagai salah satu bentuk tanggung jawab pengurus dan pengawas dalam mengelola koperasi. 


"Diharapkan dengan Pelatihan ini Koperasi bisa berkembang secara berkelanjutan dan memberikan manfaat yang nyata bagi anggota dan masyarakat yang dilayani," Sebut Sahat.


Sebagai sebuah organisasi yang dimiliki oleh masyarakat, perkoperasian memang harus memiliki manajemen yang baik untuk dapat mengelola sumber daya yang dimilikinya.


Selain untuk memberikan pemahaman dan peningkatan manajemen perkoperasian, pelatihan ini juga diharapkan dapat membantu koperasi untuk berkembang secara berkelanjutan dan memberikan manfaat yang nyata bagi anggota dan masyarakat yang dilayani. 


Para peserta yang mengikuti kegiatan ini juga mendapatkan kesempatan untuk mendengarkan beberapa pemateri dan narasumber yang berkompeten di bidangnya, seperti Dian Septiana Sari, S.Sos., M.Sp (IDAS Pelatih Indonesia Medan), dan DR. Nurafina Siregar, SE., M.Si (Universitas Pembangunan Panca Budi Medan).


Kegiatan ini dijadwalkan berlangsung selama 3 hari, yaitu mulai tanggal 16 Juli 2024 hingga 18 Juli 2024. 


Peserta yang hadir dalam kegiatan ini sebanyak 25 orang dari enam koperasi yang ada di Kabupaten Pakpak Bharat. 


Diharapkan, kegiatan ini dapat membawa manfaat sebesar-besarnya untuk kemajuan koperasi dan menjadi langkah awal dalam meningkatkan kualitas dan manajemen pada setiap koperasi yang ada di Kabupaten Pakpak Bharat.


Penulis : Obah

Redaktur : Rudi