Iklan Header

Selasa, 16 Juli 2024, 10:08 WIB
Last Updated 2024-07-29T03:11:22Z
budayaPakpak BharatPariwisata

Tanggung Jawab Bersama Masyarakat dan Pemerintah Pemkab Pakpak Bharat Gelar Workshop Pelestarian Budaya

Sekda Pakpak Bharat memberikan sambutan. (Foto/Istimewa).

Pakpak Bharat - nduma.id


Pelestarian budaya merupakan tanggung jawab bersama antara masyarakat dan pemerintah. 


Hal ini dikatakan Bupati Pakpak Bharat, Franc Bernhard Tumanggor, melalui Sekda Jalan Berutu.


Ia mengatakan mengedepankan pelestarian budaya sebagai misi kelima Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat, yaitu meningkatkan dan menguatkan pelestarian dan diplomasi budaya daerah. 


"Kami yakin bahwa pelestarian budaya adalah tanggung jawab kita bersama, dan Pemerintah tidak bisa berjalan sendiri dalam upaya ini," kata Jalan membacakan sambutan bupati.


Oleh karena itu, melalui kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat bersama Universitas Gajah Mada, diadakan Workshop Pelestarian Budaya yang diselenggarakan di Aula Bale Sada Arih. Senin 15 Juli 2024.


"Kami sangat mengapresiasi kerjasama dengan Universitas Gajah Mada serta partisipasi aktif dari seluruh lapisan masyarakat. Melalui sinergi ini, kita bisa memastikan bahwa mejan tetap hidup dan dikenal oleh generasi mendatang," jelas Bupati dalam sambutan tertulisnya.


Peserta yang hadir dalam workshop tersebut meliputi sejumlah tokoh dan pemerhati budaya, kalangan pelajar, pemerintah desa, serta pemangku kepentingan lainnya yang diharapkan dapat membangun pemahaman bersama tentang pentingnya upaya pelestarian warisan budaya dan menggali nilai-nilai adat dan budaya Pakpak.


Keberhasilan pelestarian budaya tidak dapat dicapai hanya dengan upaya dari pemerintah saja, melepaskan tanggung jawab dari masyarakat juga akan berdampak pada kegagalan upaya pelestarian budaya itu sendiri. 


Oleh sebab itu, Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat sangat mengapresiasi partisipasi aktif dari seluruh lapisan masyarakat dalam upaya pelestarian budaya.


Wakil Dekan Bidang Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat, Kerja Sama dan Alumni Fakultas Ilmu Budaya UGM, Mimi Savitri, M.A., Ph.D. menuturkan bahwa workshop ini juga merupakan bagian dari proyek kerja sama antara Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat dengan Universitas Gajah Mada tentang Penelitian Ekskavasi Arkeologi Pakpak Bharat.


Rekomendasi-rekomendasi yang didapatkan dalam workshop ini akan menjadi dasar acuan bagi Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat dalam mengambil langkah kebijakan ke depannya dalam upaya melestarikan mejan, baik tentang tata cara pemeliharaan dan sebagainya. 


Kita berharap upaya pelestarian budaya ini dapat terus berlanjut dan menjadi warisan yang tak tergantikan bagi generasi mendatang. 


Penulis : Obah

Redaktur : Rudi