Iklan Header

Rabu, 17 Juli 2024, 11:22 WIB
Last Updated 2024-07-26T04:24:30Z
CoklitDairiKPUPilkada

Proses Coklit Rampung KPU Dairi Siapkan DPS dan DPT Untuk Pilkada

Proses Coklit di rumah Sekda. (Foto/Istimewa).

Dairi – nduma.id


Komisi Pemilihan Umum (KPU) Dairi telah menyelesaikan proses pencocokan dan penelitian data pemilih (coklit) untuk persiapan Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Dairi periode 2024-2029.


Koordinator Divisi Sosdiklih SDM Parmas, Ridwan Hendra Agustinus Samosir mengumumkan bahwa proses coklit telah rampung 100 persen pada Selasa,16 Juli 2024.


“Iya proses coklit telah rampung 100 persen,” kata Ridwan, Rabu (17/7/2024).


Ridwan juga memberikan apresiasi kepada PPK dan PPS, serta petugas Pantarlih yang telah bekerja keras dalam melakukan coklit dan pemutakhiran data pemilih di Kabupaten Dairi.


“Tentu kami dari KPU Dairi mengucapkan terimakasih kepada kawan – kawan PPK dan PPS, sehingga pelaksanaan coklit sudah selesai sebelum dari batas akhir yang telah ditetapkan oleh KPU RI. Kepada petugas Pantarlih kami juga mengucapkan terimakasih atas pelaksanaan tugasnya dalam pemutakhiran data pemilih yang sudah berjalan dengan lancar,” tandas Ridwan.


Hasil coklit yang diterima oleh KPU Dairi mencapai 230.581 yang merupakan Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4).


Selanjutnya, hasil coklit tersebut akan dimasukkan ke dalam daftar pemilih sementara (DPS) dan daftar pemilih sementara hasil perbaikan (DPSHP) yang akan disempurnakan lagi, karena masih ada kemungkinan perubahan yang terjadi, seperti warga yang meninggal dunia atau terdaftar sebagai anggota TNI/Polri.


“Selanjutnya nanti akan menjadi Daftar Pemilih Sementara , kemudian Daftar Pemilihan Sementara Hasil Perbaikan, itu nanti apabila ada masyarakat yang belum terdaftar, atau hak pemilihnya di cabut, seperti meninggal dunia, lalu terdaftar sebagai anggota TNI / Polri, dan terakhir nanti akan menjadi DPT (Daftar Pemilih Tetap), ” sebutnya.


Hasil akhir dari coklit ini akan ditetapkan sebagai daftar pemilih tetap (DPT) oleh KPU Dairi.


Ridwan menegaskan pentingnya proses ini untuk memastikan partisipasi aktif masyarakat dalam kepemimpinan daerah dan menjaga keadilan dalam pemilihan kepala daerah.


Dia juga menambahkan bahwa semua telah berjalan dengan lancar, dan KPU Dairi siap dan siaga untuk melanjutkan persiapan Pilkada yang akan datang.


Semua pihak diharapkan dapat bekerja sama untuk memastikan kelancaran jalannya pemilihan dan kelancaran pembangunan di Kabupaten Dairi ke depan.


Penulis : Rudi

Redaktur : Son