Iklan Header

Rabu, 17 Juli 2024, 15:32 WIB
Last Updated 2024-07-17T08:32:52Z
budayaPendidikanSianțar

MPLS YP MARS 2024 : Kreatif, Inovatif, dan Berkarakter di Era Digital

Penampilan tari Tortor Somba oleh MCA. (Foto/Ari).

Siantar - nduma.id


Masa Perkenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) SMP, SMA dan SMK YP Mars tahun pelajaran 2024/2025 mengusung Thema "Menjadi generasi Mars yang kreatif, inovatif, dan berkarakter di era digital" berjalan sukses.


Hari pertama MPLS, diawali penyambutan peserta didik baru dengan Tortor Sombah yang dipersembahkan kelompok kreativitas OSIS siswa/i. Senin 15 Juli 2024 kemarin.


MPLS dilaksanakan mulai Senin 15 Juli 2024 sampai dengan selesai hari Rabu 17 Juli 2024.


Seluruh guru bersama Ketua Yayasan dan Kepala Sekolah turut serta hadiri MPLS di lapangan sekolah yang beralamat di Jalan Ahmad Yani No.400, Kecamatan Siantar Timur, Kota Pematang Siantar.


Ketua Yayasan, Andrew Halomoan Tambunan, S,Ak memberikan kata sambutannya dan membacakan visi misi serta pembukaan MPLS secara resmi.


Para peserta MPLS diberikan name tag sebagai tanda pengenal.


Dalam kegiatan tersebut, Visi dan misi serta kurikulum disampaikan oleh Kepala Sekolah SMA yaitu Nova Erida Butarbutar, S.Pd dan Kepala Sekolah SMK yaitu historia, SE  bersama kepala sekolah SMP yaitu Dra. Tetty Bertha Sitohang, MM yang disatukan dengan penyampaian kurikulum oleh masing-masing wakil kepala sekolah.


Nova Erida Butarbutar, S.Pd mengatakan para siswa tidak hanya akan menimba ilmu pengetahuan, tetapi juga belajar nilai-nilai kehidupan yang akan membentuk pribadi pada masa depan. 


"Sekolah bukan hanya soal ijazah, tetapi belajar menjadi manusia yang memiliki kehidupan bermakna dan Kami, para bapak/ibu guru menaruh harapan besar kepada siswa semua agar bisa menjadi pemimpin masa depan yang tangguh, berintegritas, religius, dan menjadi bagian dari generasi emas Indonesia," jelas Nova Butarbutar.


Selanjutnya bagian kesiswaan, menyampaikan peraturan sekolah, kebijakan disiplin serta jadwal pembelajaran kepada para siswa/i baru.


MPLS dirangkai Ice breaking oleh OSIS seperti Games, Quiz, dan Yel-yel.


MC acara MPLS, Lusiana Siregar, Spd mengatakan hari pertama MPLS para siswa baru diajak tour lingkungan sekolah.


"Untuk mengetahui setiap fasilitas-fasilitas yang ada di sekolah," kata Lusiana Siregar.


Hari Kedua MPLS, Dirangkai Workshop Ekstrakurikuler dan sosialisasi klub literasi dan numerasi praktek langsung kepada seluruh siswa.


Adapun Ekskul yang ditampilkan yaitu Karate, MCA, Paskibraka.


Sedangkan klub yang ditampilkan yaitu Mafia, English Club, Klub Bahasa Indonesia, Klub Ruang Kreasi, Klub Orang Kreatif SMK Mars, Klub Wirausaha.


Pada kesempatan itu juga dilakukan perkenalan seluruh guru dan staf pegawai Yayasan MARS kepada peserta MPLS.


Penampilan tarian moderen didasari kesopan santunan sesuai dengan dasar pendidikan dari kreativitas siswa unit SMA bernama MCA dengan susunan personil yaitu; Laura damanik  Siswi XII- IPS, Gun Adi Ambarita Siswa XI- IPS, Kesya Sitinjak XI- IPA, Celine Purba XI- IPS, Vanesya XI- IPS, Ririn XI- IPS, Fatia XI- IPA Clara XI- IPA, dan kewy XI- IPS.


Personil MCA, Laura Damanik mengaku sangat bangga bisa tampil didepan peserta didik baru dan para orang tua pada kegiatan MPLS tersebut. 


"Saya merasa bahagia dan sangat bangga karena bisa menyalurkan hobi saya dengan baik. Semoga akan banyak siswa siswi baru tersebut yang dapat terinspirasi dari tarian yang kami bawakan, tarian yang kami bawakan biasa disebut dengan tari kreasi tradisional dan dance modern," kata Laura saat diwawancarai.


Hari ketiga, MPLS menjadi hari terakhir masa pengenalan lingkungan sekolah sekaligus dirangkai pertunjukan hasil proyek mata pelajaran siswa.


"Setiap unit menampilkan projek-projek yang bermanfaat bagi seluruh siswa baru," kata Lusiana Siregar.


Dijelaskannya, Unit SMA : Biologi, Kimia, Fisika , dan Unit SMK : TKJ, OTK, AKL, serta Unit SMP : Biologi.


Lusiana Siregar mengatakan, kemudian kegiatan tour luar lingkungan sekolah sembari melakukan kebersihan di sekitaran sekolah.


Sebelum penutupan, ada kegiatan evaluasi dan umpan balik, dan setiap siswa dari per unit.


"Memberikan kesan dan pesan selama acara MPLS berlangsung," ujar Lusiana Siregar.


Dan diakhiri penutupan MPLS oleh MC.


Penulis : Ari

Redaktur : Rudi