Iklan Header

Rabu, 24 Juli 2024, 19:35 WIB
Last Updated 2024-07-24T12:35:36Z
Oprasi Patuh TobaPolisiSianțar

9 Hari Berjalan Satlantas Polres Pematangsianțar Keluarkan 376 Lembar Tilang

Foto bersama usai menggelar press rilis. (Foto/Istimewa).

SIANTAR - nduma.id


Dalam Press Releasenya di lantai II Mako Polres Pematangsianțar. Rabu 24 Juli 2024 pada pukul 14.00 WIB.


Kapolres Pematangsiantar AKBP Yogen Heroes Baruno diwakili Kasat Lantas Pematangsiantar AKP Gabriellah A. Gultom, mengatakan pihaknya telah melakukan penindakan dengan mengeluarkan tilang sebanyak 376 lembar kepada pelanggar lalulintas.


"Dari 376 lembar tilang yang  dikeluarkan ada beberapa pelanggaran kasat mata yang dilakukan pengguna jalan dengan menahan barang bukti berupa ranmor sebanyak 181 unit dari beberapa jenis pelanggaran dan untuk jenis pelanggaran terbanyak yaitu tidak menggunakan helm sebanyak 261 pelanggar," kata AKP Gabriellah Gultom.


Adapun tujuan dari pelaksaan Ops Patuh Toba 2024 ini salah satunya kesiapan Kota Pematangsiantar dalam menyambut PON ACEH - SUMUT ke XXI Tahun 2024.


Untuk itu pihaknya menghimbau masyarakat Kota Pematangsiantar agar tertib berlalulintas guna menciptakan arus lalulintas yang nyaman, aman dan lancar. 


"Perlu juga diketahui khususnya bagi pelanggar lalulintas yang kami lakukan penindakan dengan barang bukti kendaraannya diamankan agar mengetahui dan memahami mekanisme dalam hal persidangan ataupun membayar denda tilang melalui BRIVA, agar pemilik kendaraan dapat menunjukkan STNK maupun BPKB sebagai bentuk legalitas/keabsahan pemilik kendaraan bermotor tersebut," sebut Kasat.


Katanya apabila tidak dapat menunjukkan surat-surat tersebut maka dapat menjadi pertimbangan petugas untuk memeriksa lebih lanjut terkait kendaraan tersebut guna mencegah adanya indikasi pidana yang mungkin terkait dengan hal tersebut mengingat maraknya kejahatan seperti curanmor saat ini.


"Oleh karena itu mari kita sama-sama mendukung kegiatan ini agar tercipta Kota Pematangsiantar yang aman dan tertib yang dimana ini semua sudah terus berlangsung sebagai bentuk kerjasama yang baik antara pihak Kepolisian dengan Kejaksaan Negeri Kota Pematangsiantar maupun Pengadilan Negeri Kota Pematangsiantar.


Operasi Patuh Toba 2024 masih akan berlangsung 4 hari ke depa.


"Namun ini bukanlah akhir dari segalanya, kami akan tetap melakukan penindakan apabila menemukan pelanggaran kasat mata. Oleh karena itu kami terus menghimbau kepada seluruh masyarakat Kota Pematangsiantar untuk tertib berlalu lintas dan gunakan kelengkapan berkendara di jalan," ujar Kasat.


Disisi lain Kasiman Abadi Tarigan SH dari PN Kota Pematangsiantar dan Khairin Tarigan ,SH,MH dari Kejari Kota Pematangsiantar juga menyatakan siap mendukung penuh segala program dari Polres Pematangsiantar demi mewujudkan Kota Pematangsiantar yang aman dan nyaman.


Penulis : Ari

Redaktur : Rudi