Iklan Header

Rabu, 05 Juni 2024, 15:06 WIB
Last Updated 2024-06-05T08:06:16Z
Hari Lingkungan HidupPakpak BharatTanam pohon

Tanam Pohon, Aksi Nyata Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia di Kabupaten Pakpak Bharat

Aksi tanam pohon serentak oleh Pemkab Pakpak Bharat. (Foto/Dok. Kominfo Pakpak Bharat).

Pakpak Bharat - nduma.id


Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia di Kabupaten Pakpak Bharat tidak hanya dirayakan dengan apel dan sambutan, namun juga aksi nyata dalam bentuk menanam pohon. 


Rabu 5 Juni 2024, Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat bersama Dinas Permukiman dan Lingkungan Hidup menanam pohon serentak di Kompleks Panorama Indah Sindeka, Salak.


Giat ini untuk memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia pada tanggal 5 Juni 2024. 


Tema yang diangkat pada peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun ini adalah "Penyelesaian Krisis Iklim Dengan Inovasi dan Prinsip Keadilan".


Sekretaris Daerah Pakpak Bharat, Jalan Berutu, S.Pd, MM dalam sambutannya mengungkapkan kondisi dan perubahan iklim dunia yang sangat signifikan yang terbukti dari adanya perubahan perilaku tanaman. 


"Telah terjadi perubahan iklim dunia yang sangat signifikan, terbukti dari adanya perubahan perilaku tanaman, Salak misalnya saat durian bisa berbuah, di Lae Langge Namuseng kelapa tumbuh subur," kata Jalan Berutu.


Pola perilaku pada tanaman dikarenakan pengaruh panas yang semakin meningkat.


"Maka mari kita menanam pohon, mari kita jaga bumi ini. Dengan menanam pohon kita ikut menjaga paru-paru dunia," ajak Jalan.


Kepala Dinas Permukiman dan Lingkungan Hidup Kabupaten Pakpak Bharat, Marulak H Simangunsong, S.ST, M.Si mengatakan bahwa menanam pohon diharapkan akan membawa manfaat bagi kehidupan kita dan anak cucu kita.


"Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia kita maknai dengan aksi nyata, menanam pohon dengan harapan kelak akan membawa manfaat bagi kehidupan kita, bagi anak cucu kita," ucap Kepala Dinas Permukiman dan Lingkungan Hidup Kabupaten Pakpak Bharat, Marulak H Simangunsong.


Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia pada tahun ini mengajak kita untuk berinovasi dan memberlakukan prinsip keadilan dalam penyelesaian krisis iklim. 


Melalui kegiatan menanam pohon ini, kita dapat belajar untuk memberikan kontribusi nyata bagi lingkungan dan bumi yang lebih baik untuk masa depan.


Penulis : Rudi

Redaktur : Son