Iklan Header

Selasa, 11 Juni 2024, 22:41 WIB
Last Updated 2024-06-11T15:41:43Z
BencanaPakpak BharatTagana

Sekda Pakpak Bharat Tinjau Kesiapsiagaan Anggota Tagana Dalam Penanggulangan Bencana

Foto bersama di giat pemantapan Tagana. (Foto/Dok. Kominfo Pakpak Bharat).

Pakpak Bharat – nduma.id


Sekretaris Daerah Kabupaten Pakpak Bharat, Jalan Berutu, S.Pd, MM meninjau kegiatan pemantapan kesiapsiagaan dan sumber daya Taruna Siaga Bencana (TAGANA) yang dilaksanakan oleh Dinas Sosial Kabupaten Pakpak Bharat di Balai Diklat BKPSDM, Desa Cikaok. Selasa 11 Juni 2024.


Dalam kesempatan ini, Jalan Berutu memotivasi puluhan anggota TAGANA tentang besarnya tanggung jawab yang dibebankan pada seorang anggota TAGANA sebagai garda terdepan dalam penanggulangan dan pertolongan bencana.


Peran anggota TAGANA sangat penting dalam upaya penanggulangan dan pertolongan bencana.


Mereka terlibat sejak pra bencana, saat terjadinya bencana, hingga pasca bencana.


Sebagai anggota TAGANA, mereka harus siaga dan siap bilamana suatu waktu dipanggil untuk tugas tersebut.


Jalan Berutu memberi motivasi dan dorongan agar mereka disiplin dan tanggap dalam menangani korban bencana.


“Sekali lagi, ini semua tugas berat yang harus dipikul oleh seorang Tagana, dan untuk itu anda semua dilatih dan dipersiapkan untuk selalu siaga dan siap bilamana suatu waktu dipanggil untuk tugas itu,” ucap Jalan Berutu.


Kepala Dinas Sosial Pakpak Bharat, Supardi Padang, SP, MM menjelaskan bahwa 20 anggota TAGANA akan mengikuti kegiatan ini selama 5 hari ke depan.


Mereka akan dilatih oleh para instruktur dari Kepolisian Resort Pakpak Bharat, TNI, serta TAGANA Provinsi Sumatera Utara dalam berbagai kesiapan dan situasi kebencanaan.


Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk membangun Taruna Siaga Bencana yang cepat dan tanggap dalam menangani situasi bencana dan korban-korban yang terkena dampaknya.


“Tujuan dari kegiatan ini ialah untuk membangun Taruna Siaga bencana yang cepat dan tanggap terhadap bencana, mampu menangani korban bencana yang pada akhirnya akan meringankan beban dari para korban itu sendiri,” jelas Supardi Padang.


Diharapkan, kegiatan ini dapat mempersiapkan anggota TAGANA dengan baik, sehingga mereka dapat memberikan pertolongan yang cepat dan efektif pada saat terjadi bencana.


Penulis : Rudi

Redaktur : Son