Iklan Header

Rabu, 05 Juni 2024, 14:28 WIB
Last Updated 2024-06-05T07:28:22Z
DairiHari Lingkungan HidupPohon

Peringati Hari Lingkungan Hidup Pemulihan Lahan Fokus Utama Pemkab Dairi

PJ. Bupati Dairi menanam pohon. (Foto/Istimewa).

Dairi - nduma.id


Pemerintah Kabupaten Dairi menggelar upacara memperingati Hari Lingkungan Hidup se-Dunia di Taman Rekreasi Sidikalang. Rabu 5 Juni 2024.


Peringatan hari lingkungan hidup tahun 2024 difokuskan pada kegiatan pemulihan lahan, pengendalian desertifikasi, dan ketahanan terhadap kekeringan. 


Pj Bupati Dairi, Surung Charles Bantjin membacakan sambutan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Prof Dr Siti Nurbaya, pada upacara tersebut.


Pemulihan lingkungan merupakan kunci dalam membalikkan arus degradasi lahan dan dapat sekaligus meningkatkan mata pencaharian, mengurangi kemiskinan, dan membangun ketahanan terhadap cuaca ekstrem. 


"Presidensi G20 juga telah menghasilkan adopsi Global Land Restoration Initiative yang sangat penting mengingat bahwa dunia menghadapi triple planetary crisis yang semakin intens yakni : krisis perubahan iklim, krisis kerusakan alam dan kehilangan biodiversitas, serta krisis polusi dan limbah," kata Carles.


Pemulihan juga meningkatkan penyimpanan karbon dan memperlambat proses ataupun dampak akibat perubahan iklim. 


Oleh karena itu, peringatan hari Lingkungan Hidup tahun 2024 menjadi momen penting untuk terus menumbuhkan, meningkatkan kesadaran dan kepedulian secara konsisten dalam upaya memperbaiki lingkungan secara keberlanjutan.


"Pemulihan lingkungan merupakan kunci dalam membalikkan arus degradasi lahan, dan dapat sekaligus meningkatkan mata pencaharian, mengurangi kemiskinan, dan membangun ketahanan terhadap cuaca ekstrem. Pemulihan juga meningkatkan penyimpanan karbon dan memperlambat proses ataupun dampak akibat perubahan iklim," tandas Carles.


Melalui peringatan hari Lingkungan Hidup 2024 ini, perlu untuk terus menumbuhkan, meningkatkan kesadaran dan kepedulian secara konsisten dalam upaya memperbaiki lingkungan secara berkelanjutan, menjaga dan melestarikan lingkungan Indonesia.


Upacara tersebut juga diramaikan dengan kegiatan penanaman pohon dan pemberian bantuan alat kebersihan, sebagai simbol dari bentuk kepedulian dalam menjaga keberlangsungan dan keseimbangan lingkungan hidup di kabupaten Dairi. 


Melalui upacara ini, diharapkan terus melestarikan lingkungan hidup dan membangun kesadaran yang tinggi pada masyarakat Dairi untuk menciptakan kelangsungan hidup yang lestari.


Penulis : Rudi

Redaktur : Son