Iklan Header

Kamis, 06 Juni 2024, 11:52 WIB
Last Updated 2024-06-06T04:52:06Z
DairiKesehatanLanjut Usia

Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional ke 28 di Kabupaten Dairi Bentuk Menghargai Semangat Para Lansia

PJ. Sekda Kabupaten Dairi bersama para Lansia. (Foto/Istimewa).

Dairi - nduma.id


Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional Ke-28 merupakan bentuk perhatian khusus kepada lanjut usia sebagai penghargaan atas semangat jiwa raga dan peran penting para lanjut usia dalam memajukan bangsa. 


Pj. Bupati Dairi, Surung Charles Lamhot Bantjin, berharap peringatan ini dapat meningkatkan upaya kesehatan lansia menuju lansia smart (sehat, mandiri, aktif, dan produktif).


“Pada perayaan hari lanjut usia nasional ini, ada beberapa kegiatan yang dilaksanakan seperti senam bersama, edukasi tentang kesehatan lanjut usia, serta skrining dan pemeriksaan kesehatan," ucap Surung Charles di Gedung Balai Budaya Sidikalang, Rabu (5/6/2024).


Diharapkan melalui acara hari ini, para lansia tetap semangat menjaga kesehatannya dan aktif dalam pemeriksaan kesehatan rutin.


Setiap warga negara usia 60 tahun ke atas dilakukan skrining kesehatan minimal 1 kali dalam kurun waktu 1 tahun, yang meliputi pengukuran tekanan darah, pemeriksaan kadar gula darah, pemeriksaan kolesterol dalam darah, serta deteksi gangguan mental emosional. 


Jika ditemukan faktor risiko atau penyakit, maka wajib dilakukan intervensi atau dirujuk ke fasilitas kesehatan yang sesuai.


Pemerintah berkomitmen mewujudkan lansia yang sejahtera, mandiri, dan bermartabat melalui pendampingan serta program-program kesehatan lainnya. 


Di Kabupaten Dairi, saat ini terdapat 34.834 orang lansia dengan total yang mendapat skrining kesehatan sebanyak 98,2%. 


Kelompok lansia juga aktif dalam melakukan kegiatan seperti senam bersama dan sosialisasi kesehatan oleh tenaga kesehatan, sehingga para lansia dapat lebih memahami kondisi kesehatannya.


Menghargai dan meningkatkan kualitas hidup para lansia merupakan tanggung jawab kita bersama. 


"Selain skrining kesehatan, kelompok lansia juga aktif dalam melakukan beberapa kegiatan seperi senam bersama lansia sosialisasi kesehatan oleh tenaga kesehatan, sehingga para lansia dapat mengenal kondisi kesehatannya,” ucap Charles.


Penulis : Rudi

Redaktur : Son