Iklan Header

Kamis, 20 Juni 2024, 13:59 WIB
Last Updated 2024-06-23T07:14:28Z
DairiKafilahMusabaqah Tilawatil Qur'an

Kafilah Kabupaten Dairi Siap Berlaga di MTQ Tingkat Provinsi

Pj Bupati Dairi memberangkatkan Kafilah Kabupaten Dairi. (Foto/Istimewa).

Dairi – nduma.id


Bupati Dairi, Surung Charles Lamhot Bantjin, memberangkatkan rombongan kalifah Kabupaten Dairi untuk mengikuti MTQ ke-39 tingkat Provinsi Sumatera Utara di Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan.


Rombongan ini diberangkatkan dari depan Kantor Bupati Dairi. Rabu 19 Juni 2024.


Dalam ucapan sambutannya, Pj. Surung Charles menjelaskan bahwa Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) bukan hanya ajang kompetisi, tetapi juga menjadi sarana untuk meningkatkan keimanan dan taqwa, serta memperkuat ukhuwah Islamiyah.


Ia juga berharap agar duta-duta Kabupaten Dairi dapat membawa nama baik di tingkat provinsi dan menunjukkan kemampuan terbaik dengan tetap menjunjung sportivitas dan nilai-nilai keislaman.


Ia juga mengapresiasi persiapan yang telah dilakukan oleh semua pihak, terutama para pelatih dan pembimbing yang telah bekerja keras dalam membina peserta kafilah.


Semoga usaha dan jerih payah yang telah dilakukan dapat mendapat balasan yang berlipat ganda dari Allah SWT.


Kafilah Kabupaten Dairi mengikuti 7 bidang lomba dari total 8 bidang lomba yang disediakan, dan terdapat sekitar 53 peserta dan 19 orang pendamping.


"Kami berharap duta-duta Kabupaten Dairi akan membawa nama baik di tingkat provinsi. Jumlah peserta ada sekitar 53 dan 19 orang pendamping. Serta dari delapan bidang lomba,  kita mengikuti 7 bidang lomba. Saatnya tunjukkan kemampuan terbaik dengan tetap menjunjung sportivitas dan nilai-nilai keislaman," ucap Surung Charles.


Sebagai duta Kabupaten Dairi, diharapkan bahwa mereka dapat memberikan yang terbaik di ajang MTQ tingkat Provinsi Sumatera Utara.


Kasubbag Tata Usaha Kemenag, Mahdi Kudadiri, juga menyampaikan rasa terima kasihnya atas dukungan yang telah diberikan oleh Pj. Bupati Dairi dan seluruh jajaran Pemkab Dairi, mulai dari MTQ tingkat kecamatan hingga tingkat kabupaten.


Ia berharap semangat anak-anak kafilah Kabupaten Dairi semakin berkobar dan Kantor Kementerian Agama siap mendampingi mereka dalam setiap acara keagamaan.


Sebelumnya, MTQ Tingkat Kabupaten Dairi yang ke-49 telah dilaksanakan dengan sukses pada tanggal 20 Mei 2024 sampai 21 Mei 2024 dan menghasilkan juara-juara dalam masing-masing kategori lomba.


Juara Umum MTQ ke-49 Tingkat Kabupaten Dairi Tahun 2024 diraih oleh Kecamatan Berampu sebagai juara I, Kecamatan Sidikalang sebagai juara II, dan Kecamatan Tanah Pinem sebagai juara III.


"Juara Umum MTQ ke-49 Tingkat Kabupaten Dairi Tahun 2024 yaitu juara I dengan nilai 31 dimenangkan oleh Kecamatan Berampu,juara II dengan nilai 30 dimenangkan oleh Kecamatan Sidikalang,juara III dengan nilai 27 dimenangkan oleh Kecamatan Tanah Pinem," kata Carles.


Oleh sebab itu, dapat disimpulkan bahwa Kabupaten Dairi memiliki duta-duta yang berpotensi untuk meraih kemenangan di ajang MTQ tingkat Provinsi Sumatera Utara.


Penulis : Rudi

Redaktur : Son