Iklan Header

Minggu, 30 Juni 2024, 20:55 WIB
Last Updated 2024-07-12T13:56:51Z
CoklitKPUPakpak BharatPilkada

Coklit di Mulai, KPUD Pakpak Bharat Minta Partisipasi Masyarakat Dalam Pemutakhiran Data Pemilih

Ketua KPU Pakpak Bharat, Basra Munthe. (Foto/Istimewa).

Pakpak Bharat – nduma.id


Ketua KPU Pakpak Bharat, Basra Munthe, meminta masyarakat untuk memberikan data kepada petugas pemutakhiran data pemilih (pantarlih) yang telah ditunjuk.


Katanya, petugas pantarlih akan mengunjungi rumah-rumah warga untuk melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih.


Dikatakan keberadaan petugas ini sangat penting mengingat Pilkada Serentak tahun 2024 akan segera dilaksanakan dan data pemilih perlu diperbarui agar kegiatan pemilihan berlangsung dengan transparan dan akurat.


"Petugas ini masa kerjanya satu bulan mencoklit masyarakat yang akan memilih calon Bupati dan Wakil Bupati Pakpak Bharat, juga memilih calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara di 105 TPS hasil pemetaan sementara," kata Basra Munthe, Minggu (30/6/2024).


Dijelaskan Petugas pantarlih telah dilengkapi dengan tanda pengenal dan akan meminta data yang dibutuhkan untuk Pilkada Serentak 2024.


KPU Pakpak Bharat berharap agar masyarakat dapat melayani petugas pantarlih yang datang.


“Karena dengan komitmen yang baik dalam bertugas, pilkada langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil akan terwujud,” ucap Basra Munthe.


Dalam kegiatan ini, KPU Pakpak Bharat menekankan pentingnya profesionalisme, integritas, dan kejujuran petugas pantarlih saat bertugas.


Hal ini akan membuat proses pemilihan menjadi berjalan dengan baik, jujur, dan adil.


Kegiatan pencocokan data yang dilakukan oleh petugas pantarlih bertujuan untuk memastikan data pemilih yang akurat dan up-to-date.


“KPU berharap agar masyarakat dapat melayani petugas pantarlih yang datang,” ujarnya.


Ada 145 anggota pantarlih yang ditugaskan merekam data di 8 kecamatan se-Kabupaten Pakpak Bharat di 52 desa.


"KPU Pakpak Bharat optimis pendataan ini akan selesai tepat waktu,” tandas Basra.


KPU Pakpak Bharat optimis bahwa pendataan ini akan selesai tepat waktu dan hasilnya akan akurat.


Selain itu, hasil pencoklitan yang dilakukan oleh petugas pantarlih akan terus dievaluasi oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPS).


Penulis : Rudi

Redaktur : Son