Iklan Header

Senin, 10 Juni 2024, 22:19 WIB
Last Updated 2024-06-11T15:21:48Z
JepangPakpak BharatPekerja Migran Indonesia

Bupati Pakpak Bharat Lepas Keberangkatan PMI ke Jepang

Bupati Pakpak Bharat foto bersama berangkatkan PMI. (Foto/Dok Kominfo Pakpak Bharat).

Pakpak Bharat – nduma.id


Bupati Pakpak Bharat, Franc Bernhard Tumanggor, dan istrinya, Ny. Juniatry Franc Bernhard Tumanggor, melepas keberangkatan Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Kabupaten Pakpak Bharat yang akan bekerja di Luar Negeri, khususnya Jepang. Senin 10 Juni 2024.


Franc Bernhard Tumanggor mengikuti seluruh proses pemberangkatan, termasuk pemeriksaan dokumen kelengkapan di Kantor Cabang Pembantu BP2MI.


“Selamat jalan, semoga sukses, jadilah pemburu Yen di Negeri Sakura,” ucap Franc Bernhard Tumanggor di hadapan 2 orang tenaga kerja yang akan berangkat ini.


Putra-putri Pakpak Bharat yang akan bekerja di Jepang telah menjalani serangkaian tahap seleksi, mulai dari perekrutan peserta, pemeriksaan kesehatan, pelatihan bahasa Jepang, hingga proses wawancara.


Ini semua tidak terlepas dari inisiasi atau dorongan yang diberikan oleh Bupati Pakpak Bharat, dengan membangun akses formal yang sah berupa kerjasama dengan pihak lembaga Perusahaan Penempatan Pekerja Migran Indonesia (P3MI) yang telah terdaftar di Instansi Pemerintah.


Bupati menyampaikan ucapan selamat jalan dan semoga sukses kepada PMI asal Kabupaten Pakpak Bharat.


Semoga para pekerja migran ini bisa menjadi pemburu yen di Negeri Sakura dan bisa membanggakan nama baik Indonesia khususnya Kabupaten Pakpak Bharat.


Kepala Dinas Sosial Kabupaten Pakpak Bharat, Supardi Padang, SP, MM, menjelaskan bahwa keberangkatan putra-putri Pakpak Bharat sudah sesuai dengan administrasi PMI.


“Ini semua tidak terlepas dari inisiasi atau dorongan yang diberikan oleh Bupati Pakpak Bharat, membangun akses formal yang sah berupa kerjasama dengan pihak lembaga Perusahaan Penempatan Pekerja Migran Indonesia (P3MI) yang telah terdaftar di Instansi Pemerintah, serta komitmen Bupati Pakpak Bharat memberikan dukungan bantuan Keuangan melalui APBD Pakpak Bharat untuk meringankan kebutuhan biaya putra-putri Pakpak Bharat yang mengikuti program penempatan kerja dimaksud yang telah dilaksanakan pada tahun 2023,” jelas Supardi Padang.


Kepala PT. MSS, Ricky, mengapresiasi Bupati Pakpak Bharat atas kepercayaan yang telah diberikan kepada PT. MSS untuk menyiapkan proses penempatan kerja bagi putra-putri Pakpak Bharat ke Luar Negeri, khususnya Jepang.


Ia juga menjelaskan bahwa pada bulan Mei 2024, PT. MSS telah berhasil membangkitkan semangat dan memperkenalkan beberapa anak Pakpak Bharat di Jepang.


“Terimakasih atas kepercayaannya kepada kami, perlu kami jelaskan bahwa pada bulan Mei 2024 lalu telah kita berangkatkan anak Pakpak Bharat ke Jepang sebagai PMI dan dalam waktu dekat ini, beberapa anak-anak Pakpak Bharat akan kita berangkatkan lagi ke Jepang sebagai PMI, saat ini sedang menunggu proses kelengkapan dokumen, mudah-mudahan lancar sampai berangkat dan pulang kelak,” ucap Ricky.


Penulis : Rudi

Redaktur : Son