Iklan Header

Selasa, 25 Juni 2024, 11:27 WIB
Last Updated 2024-08-28T04:32:01Z
BawasluPakpak BharatPilkada

Bawaslu Kabupaten Pakpak Bharat Luncurkan Posko Kawal Hak Pilih

Komisioner Bawaslu Pakpak Bharat. (Foto/Istimewa).

Pakpak Bharat - nduma.id


Menjaga hak pilih masyarakat dalam Pemilihan Kepala Daerah Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2024 menjadi perhatian utama Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Pakpak Bharat. Selasa, 24 Juni 2024.


Sebagai upaya optimalisasi pengawasan, Bawaslu Kabupaten Pakpak Bharat secara resmi meluncurkan Posko Kawal Hak Pilih di Kantor Sekretariat Bawaslu Kabupaten Pakpak Bharat. 


Melalui posko kawal hak pilih ini, Bawaslu Kabupaten Pakpak Bharat berharap dapat menampung aduan dari masyarakat terkait dengan hak pilih pada pemilihan kepala daerah serentak 2024.


Peluncuran posko kawal hak pilih ini menjadi salah satu rangkaian sosialisasi Bawaslu Kabupaten Pakpak Bharat dalam menjaga hak pilih masyarakat. 


Selanjutnya, Bawaslu Kabupaten Pakpak Bharat juga akan melaksanakan patroli pengawasan hingga tanggal 27 November 2024 pada puncak pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah serentak tahun 2024.


Bawaslu Kabupaten Pakpak Bharat mengajak seluruh lapisan masyarakat, stakeholder, serta para pemangku kepentingan untuk bersama-sama mengawal dan mengawasi proses pelaksanaan pencocokan dan penelitian data pemilih. 


Bawaslu Kabupaten Pakpak Bharat juga menghimbau agar melaporkan dugaan pelanggaran dalam proses penyusunan daftar pemilih.


Proses pencocokan dan penelitian data pemilih diawasi secara langsung oleh jajaran Bawaslu terkhusus kesesuaian data pemilih, keterpenuhan hak pilih kelompok Masyarakat penyandang disabilitas, Masyarakat pemilih rentan yang berpotensi tidak terakomodir hak pilihnya, dan juga masyarakat yang bermukim di daerah terpencil. 


Semua proses pengawasan dan pengaduan dilakukan untuk menjaga transparansi, kejujuran, dan keadilan dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah serentak Tahun 2024 di Kabupaten Pakpak Bharat.


Penulis : Rudi

Redaktur : Son