Iklan Header

Sabtu, 18 Mei 2024, 11:09 WIB
Last Updated 2024-05-18T04:24:14Z
Ketahanan PanganPakpak BharatPetanian

Kick Off di Surabaya, Pakpak Bharat Ikut Proyek HDDAP

Wakil Bupati Pakpak Bharat menandatangani perjanjian. (Foto/Dok. Kominfo Pakpak Bharat).

Pakpak Bharat - nduma.id


Wakil Bupati Pakpak Bharat, H Mutsyuhito Solin, Dr, M.Pd menghadiri Kick Off Program HDDAP yang dilangsungkan di Hotel JW. Mario, Kota Surabaya. Kami 16 Mei 2024.


Acara tersebut dihadiri juga oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Pakpak Bharat, Adei Johan Banurea, SP, MP.


"Harapan kita, dengan keikut sertaan Pakpak Bharat dalam proyek ini, nantinya akan mendorong laju pertumbuhan ekonomi yang signifikan dari sektor pertanian hortikultura, khususnya masyarakat petani yang ikut dalam program ini," ungkap Adei Johan Banurea, SP, MP.


Kabupaten Pakpak Bharat dikatakan merupakan salah satu dari 13 kabupaten di Indonesia yang ditetapkan sebagai lokasi kegiatan Pengembangan Hortikultura Lahan Kering atau Horticulture Development in Dryland Areas Project (HDDAP) yang berlangsung dari tahun 2024-2028 sebagai hasil kerjasama antara Kementerian Pertanian dan Asian Development Bank (ADB).


Dalam program ini, terdapat 2 komoditas hortikultura yang menjadi fokus utama Kabupaten Pakpak Bharat, yakni bawang merah dan kentang.


Mutsyuhito Solin menjelaskan bahwa kedua komoditas tersebut memiliki potensi yang baik untuk dikembangkan di daerah Pakpak Bharat, dan sebelumnya telah berhasil tumbuh dengan baik.


Kabupaten Pakpak Bharat akan memperoleh alokasi seluas 328 hektar pada program ini dan direncanakan akan dilaksanakan di Kecamatan Kerajaan dan Kecamatan Pergetteng Getteng Sengkut.


Kegiatan ini akan melibatkan sektor swasta dan menerapkan pertanian modern ramah lingkungan dengan manajemen pertanian yang tersistem dengan baik dari hulu hingga hilir.


Adapun harapan dari keikutsertaan Kabupaten Pakpak Bharat dalam program ini adalah mendorong pertumbuhan ekonomi yang signifikan dari sektor pertanian hortikultura, terutama untuk masyarakat petani yang terlibat dalam program ini.


Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Pakpak Bharat, Adei Johan Banurea, SP, MP menegaskan bahwa program ini akan memberikan dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi daerah.


Diharapkan kerja sama antara Kementerian Pertanian dan ADB bersama Kabupaten Pakpak Bharat dapat berjalan lancar dan sukses.


Penulis : Rudi

Redaktur : Son