Iklan Header

Jumat, 17 Mei 2024, 09:36 WIB
Last Updated 2024-05-17T02:39:24Z
DekranasdaPakpak BharatUMKM

Dekranas Pakpak Bharat Berperan Dalam Mempromosikan Kriya Indonesia

Ketua Dekranasda dari berbagai daerah foto bersama. (Foto/Dok. Kominfo Pakpak Bharat).

Pakpak Bharat - nduma.id


Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah Pakpak Bharat, Juniatry Franc Bernhard Tumanggor, menghadiri Puncak HUT ke-44 Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) yang digelar di Kota Solo. Rabu, 15 Mei 2024.


Acara ini dihadiri oleh Ibu Negara yang juga Pembina Dekranas, Iriana Joko Widodo, dan Ketua Umum Dekranas, Wury Ma'ruf Amin.


Dalam acara tersebut, Ibu Negara memberikan pengarahan dan mengucapkan Selamat Hari Ulang Tahun Dewan Kerajinan Nasional yang ke-44. 


"Alhamdulillah saya tadi masuk, pangling karena ibu-ibu semua di sini pakai kain masing-masing daerah. Di hari istimewa ini saya mengucapkan Selamat Hari Ulang Tahun Dewan Kerajinan Nasional yang ke-44," ucap Iriana Jokowi dalam arahannya.


Sementara itu, Ketua Umum Dekranas menyampaikan kiprah Dekranas dalam mengantar berbagai kriya Indonesia ke dunia internasional. 


Peran Dekranas di daerah termasuk Pakpak Bharat dinilai berperan dalam mempromosikan Kriya Indonesia


Melalui sinergi pemerintah, perajin, media, dan dunia usaha, karya perajin Indonesia mendapat banyak apresiasi.


Meskipun demikian, tantangan yang dihadapi Dekranas juga beragam, terutama saat masa pandemi. 


Hal ini mempersulit upaya pewarisan pengetahuan pembuatan kriya maupun wastra khas Indonesia. 


Namun, dengan semangat berkarya yang tinggi dan kerja keras, Dekranas terus berinovasi dan mempromosikan kriya Indonesia ke dunia internasional.


"Namun demikian, tantangan yang diterima juga beragam. Terutama, saat masa pandemi, dan upaya pewarisan pengetahuan pembuatan kriya maupun wastra khas Indonesia," jelasnya.


Kegiatan ini diharapkan dapat menginspirasi para perajin di daerah, termasuk di Daerah Pakpak Bharat, agar semakin termotivasi untuk terus berkembang dan mengembangkan kriya Indonesia. 


Kemandirian dan kesejahteraan para perajin dapat meningkat dengan terus mengembangkan karya-karya ciptaan yang potensial dan mendapat apresiasi dari masyarakat luas.


"Kegiatan ini diharapkan bisa menginspirasi kita di Daerah, khususnya para perajin kita agar semakin termotivasi untuk terus berkembang, sehingga dapat meningkatkan kemandirian dan kesejahteraan para perajin itu sendiri," ucap Juniatry Franc Bernhard Tumanggor.


Semoga peran Dekranas dalam mempromosikan kriya Indonesia terus berkembang, dan para perajin di daerah terus terinspirasi untuk menghasilkan karya-karya yang bermanfaat dan meningkatkan kesejahteraan mereka.


Penulis : Rudi

Redaktur : Son