Iklan Header

Kamis, 09 Mei 2024, 22:14 WIB
Last Updated 2024-05-11T15:17:45Z
Pakpak BharatPendapatan Asli Daerah

Pemkab Pakpak Bharat Optimalisasi Program dan Kegiatan Daerah

Suasana rapat. (Foto/Dok. Kominfo Pakpak Bharat).

Pakpak Bharat – nduma.id


Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat Rapat Monitoring dan Evaluasi atas Capaian Target Pendapatan Asli Daerah dan Realisasi Belanja Daerah tahun 2024. Rabu 8 Mei 2024.


Rapat dilakukan untuk memastikan percepatan dan optimalisasi dalam pelaksanaan program dan kegiatan daerah.


Rapat tersebut dipimpin oleh Sekretaris Daerah Pakpak Bharat, Jalan Berutu, S.Pd MM, dihadiri oleh seluruh Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah yang terlibat.


Dalam rapat tersebut, Sekretaris Daerah Jalan Berutu menyampaikan beberapa pesan penting dari Bupati Pakpak Bharat, Franc Bernhard Tumanggor.


Salah satu pesan penting adalah untuk mengontrol arus kas masing-masing perangkat daerah sesuai dengan arus anggaran yang telah ditetapkan dalam Dokumen Pelaksanaan Anggaran.


Selain itu, pesan lain dari Bupati adalah agar semua kegiatan dan pengadaan barang atau jasa disesuaikan dengan jadwal yang telah ditetapkan.


Hal ini penting agar tidak terjadi penumpukan kegiatan di akhir tahun yang dapat menghambat percepatan dan optimalisasi pelaksanaan program dan kegiatan daerah.


“Seluruh kegiatan dan pengadaan barang/jasa agar disesuaikan dengan jadwal yang telah ditetapkan, jangan sampai kemudian menumpuk menjelang akhir tahun,” pesan bupati melalui sekretaris daerah.


Sekretaris Daerah juga menyampaikan bahwa Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah diminta segera mempersiapkan dan menyusun Rencana Kerja rinci APBD tahun 2025.


Demi penyusunan rencana tersebut, setiap perangkat daerah diminta segera menyusun dan mengajukan Standar Satuan Harga tahun 2025 kepada Badan Pengelola Keuangan, Pendapatan, dan Aset Daerah.


“Maka untuk itu diminta kepada seluruh perangkat daerah untuk segera menyusun dan mengajukan standar satuan harga tahun 2025 kepada badan pengelola keuangan, Pendapatan dan Aset Daerah sebagai bahan penyusunan RAPBD tahun 2025,” ucap Jalan Berutu.


Melalui rapat monitoring dan evaluasi, Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat menunjukkan komitmen untuk meningkatkan optimalisasi program dan kegiatan daerah serta diharapkan dapat mencapai capaian target pendapatan asli daerah dan realisasi belanja daerah sesuai dengan yang sudah ditetapkan.


Semoga upaya ini dapat memberikan dampak positif bagi kemajuan daerah dan kesejahteraan masyarakat Pakpak Bharat.


Penulis : Rudi

Redaktur : Sun