Iklan Header

Jumat, 17 Mei 2024, 09:20 WIB
Last Updated 2024-05-17T02:20:25Z
DairiKesehatanStunting

Pemkab Dairi Berhasil Turunkan Angka Stunting Melalui Penyelenggaraan Tiga Pelaksanaan Praktik Baik

PJ. Bupati Dairi membahas soal penurunan Stunting. (Foto/Istimewa).

Dairi - nduma.id


Pemerintah Kabupaten Dairi terus berupaya menekan angka stunting di wilayahnya dengan melaksanakan praktik baik penurunan stunting, seperti pelaksanaan Bina Keluarga Balita Holistik Integratif (BKB HI), penggunaan Corporate Social Responsibility (CSR) PT Indomarco Prismatama (Indomaret), serta melibatkan peran Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK).


Hal ini disampaikan oleh Penjabat (Pj) Bupati Dairi, Surung Charles Lamhot Bantjin pada saat paparan dalam kegiatan penilaian kinerja stunting kabupaten/kota tahun 2023. Rabu, 15 Mei 2024.


Salah satu bentuk praktik baik di Kabupaten Dairi adalah pelaksanaan pelayanan BKB HI oleh lintas perangkat daerah yang mencakup beberapa layanan dalam sehari di Desa Tupak Raja, Kecamatan Gunung Sitember. 


Beberapa kegiatan dalam mendukung kegiatan tersebut meliputi pelaksanaan posyandu kepada balita dan ibu hamil, pemeriksaan kesehatan kepada lansia, pembagian susu pertumbuhan untuk balita, pembinaan kepada BKB, BKR, BKL, pembinaan kepada tutor PAUD, pembagian bibit sayuran, pembagian beras, serta pelatihan pengisian aplikasi SIDASA.


“Salah satu bentuk Praktik Baik di Kabupaten Dairi adalah kegiatan pelayanan BKB HI oleh lintas perangkat daerah yang mencakup beberapa layanan dalam sehari di Desa Tupak Raja, Kecamatan Gunung Sitember, pada tanggal 23 Agustus 2023 yang dipusatkan di Los Desa Tupak Raja,” ucapnya.


Selain itu, Pemerintah Kabupaten Dairi juga bekerja sama dengan PT. Indomarco Prismatama (Indomaret) dan Bebelac dalam menyalurkan bantuan corporate social responsibility (CSR) kepada keluarga beresiko stunting sebagai upaya untuk mendukung program percepatan penurunan stunting. 


Bantuan ini berupa paket nutrisi beras, minyak, gula, susu Bebelac, dan pakaian bayi yang dibagikan di Kantor Kecamatan Lae Parira dan Kantor Kecamatan Siempat Nempu Hilir.


"Pemerintah Kabupaten Dairi bersama PT. Indomarco Prismatama (INDOMARET) dan Bebelac juga telah menyalurkan bantuan corporate social responsibility (CSR) kepada keluarga beresiko stunting sebagai upaya untuk mendukung program percepatan penurunan stunting,” ujarnya. 


Di samping itu, PKK Kabupaten Dairi juga berperan dalam berbagai kegiatan yang bertujuan untuk percepatan penurunan stunting di wilayahnya seperti pelaksanaan kampanye aksi bergizi di SMA Negeri Siempat Nempu, pembagian benih ikan lele, bibit bawang merah, ternak itik, bibit sayur bayam dan kangkung kepada PKK Desa Pasi Kecamatan Berampu, serta penyerahan bibit sayur-sayuran untuk ditanam di pekarangan rumah kepada PKK Desa Pasi Kecamatan Berampu.


PKK Kabupaten Dairi juga berperan dalam peningkatan kapasitas kader posyandu dalam memiliki 25 kecakapan untuk memberikan layanan promotif preventif di posyandu seperti penyuluhan, deteksi dini, rapid test, imunisasi, pengukuran, dan penimbangan.


Dalam paparannya, Surung Charles mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja keras dalam mengurangi angka stunting di Kabupaten Dairi. 


Dia juga mengharapkan kerja sama yang semakin baik dari semua komponen untuk tercapainya generasi yang lebih baik dan sehat di Kabupaten Dairi. 


Semoga upaya tanpa henti Pemerintah Kabupaten Dairi dalam menurunkan angka stunting dapat terus ditingkatkan dan memberikan manfaat bagi seluruh masyarakat.


Penulis : Rudi

Redaktur : Son