Iklan Header

Kamis, 23 Mei 2024, 23:09 WIB
Last Updated 2024-05-24T13:11:45Z
Badan Pemeriksaan KeuanganDairiOpini Wajar Tanpa Pengecualian

Pemerintah Kabupaten Dairi Raih Opini WTP atas Laporan Keuangan 2023

Pj Bupati Dairi menerima Opini Wajar Tanpa Pengecualian dari BPK. (Foto/Istimewa).

Dairi – nduma.id


Pemerintah Kabupaten Dairi kembali meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas laporan keuangan tahun anggaran 2023 yang diterbitkan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Provinsi Sumatera Utara.


Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) diserahkan langsung Kepala BPK Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Sumatera Utara, Eydu Oktain Panjaitan, kepada Penjabat (Pj) Bupati Dairi Charles Bantjin di Gedung Auditorium Kantor BPK. Rabu 22 Mei 2024.


Pj Bupati Dairi mengucapkan terima kasih kepada Kepala BPK Provinsi Sumatera Utara beserta jajarannya atas kepercayaan dalam memberikan Opini WTP kepada Pemerintah Kabupaten Dairi atas audit laporan keuangan Pemerintah Daerah tahun anggaran 2023.


Opini WTP tersebut menjadi prestasi yang menginspirasi bagi Pemerintah Kabupaten Dairi untuk terus meningkatkan kinerjanya.


"Kita kembali meraih Opini WTP, ini tentu prestasi bapak ibu semua. Saya berharap bahwa opini ini dapat memberikan dorongan dan motivasi bapak ibu agar bekerja lebih baik lagi," ucap Pj Bupati.


Pj Bupati Dairi juga menekankan komitmennya untuk menindaklanjuti kekurangan dan kealpaan dalam menyajikan laporan keuangan selama ini.


Pemerintah Kabupaten Dairi bertekad untuk mengikuti segala pedoman dan aturan pelaksanaan kegiatan yang telah diterbitkan sebagai bahan acuan.


Hal ini diharapkan dapat meningkatkan akuntabilitas, pengukuran kinerja, serta arahannya ke depan, menjadikan laporan keuangan penyelenggaraan pemerintah daerah menjadi lebih baik.


"Kami akan menindaklanjuti temuan atas laporan keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Dairi, kami telah menyusun rencana (action plan) yang dalam implementasinya. Kami juga mohon bimbingan serta arahan dari BPK agar tindak lanjut hasil audit dapat terselesaikan tepat sasaran dan tepat waktu," katanya.


Dalam hal ini, rencana tindak lanjut atau action plan telah disusun untuk mengimplementasikan temuan audit.


Pj Bupati Dairi memiliki tekad untuk menyelesaikan tindak lanjut hasil audit agar tepat sasaran dan tepat waktu, dengan bimbingan serta arahan dari BPK.


Pencapaian Opini WTP atas laporan keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Dairi pada tahun anggaran 2023 ini menunjukkan komitmen Pemerintah Kabupaten Dairi dalam mempertanggungjawabkan penggunaan dana publik. Ini juga menjadi bukti bahwa Pemerintah Kabupaten Dairi berkomitmen menerapkan prinsip akuntabilitas dan transparansi dalam setiap pelaksanaan kegiatan pemerintahan dan pembangunan.


Penulis : Rudi

Redaktur : Son