Iklan Header

Jumat, 03 Mei 2024, 14:43 WIB
Last Updated 2024-05-04T07:49:55Z
Anggota DPRD 2024-2029DairiKomisi Pemilihan UmumPemilu

Partai Golkar Masuk Pimpinan, Ini 35 Anggota DPRD Dairi Terpilih Periode 2024-2029

Ketua KPU Dairi menyerahan hasil Pleno kepada ketua Partai Demkrat Dairi Wanseptember Situmorang. (Foto/Dok. KPU Dairi)

Dairi, Sidikalang – nduma.id


Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Dairi menggelar rapat pleno terbuka menetapkan hasil Pemilu 2024, termasuk perolehan kursi dan nama-nama 35 anggota DPRD Dairi terpilih untuk periode 2024-2029. Kamis, 2 Mei 2024 kemarin.


Hasilnya, Partai Golkar menjadi jawara dengan 9 kursi, diikuti PDIP 7 kursi dan Partai Demokrat 6 kursi.


Selain itu, terdapat 4 partai politik lain yang berhasil meraih kursi di DPRD Dairi, yaitu Partai Gerindra 4 kursi, Partai Nasdem 3 kursi, PSI 2 kursi, dan Partai Hanura serta Perindo masing-masing meraih 2 dan 1 kursi.


Ketua KPU Dairi, Ariyanto Tinendung mengatakan Penetapan ini didasarkan pada UU nomor 7 tahun 2017 dengan turunannya PKPU nomor 6 tahun 2024.


"Untuk perolehan kursi di DPRD Dairi ada 35 kursi yang terbagi di 4 Dapil. Dimana Dapil I ada 10 kursi, Dapil II ada 8 kursi, Dapil III ada 9 kursi dan Dapil IV ada 8 kursi," kata Ariyanto


Berikut adalah nama-nama 35 anggota DPRD Dairi terpilih:


Partai Golkar, Jogia Sopipot Simarmata, Tony Juni Putra Lumban Gaol, Sabam Sibarani,Romy Frida Mariani, Nurlinda Angkat, Carles Tamba, Hendra Krista Tarigan, Nahason Lumban Gaol dan Agusto Benyamin Samosir.


PDI Perjuangan, Batara Armin Steve Sinaga, Hendra Christina Parlinggoman Tambunan, Fitrianto Berampu, Idul Fitri Tarigan, Veri Antoni Sidebang, Halvensius Tondang, Ferry Marlinton Sinaga.


Partai Demokrat, Halim P Lumban Batu, Bona Hasudungan Sitindaon, Mitro Lumban Batu, Cipta Karo-karo, Wanseptember Situmorang,Rukiatno Nainggolan.


Partai Gerindra, Abdul Gafur Simatupang, Joel Simanullang, Rade Pandapotan Simamora, Residen Damanik


Partai Nasdem, Juangga Silaban, J Putra Ginting, Kian Munte


PSI,Hendra J Sinaga, Andi PS Pasaribu.


Partai Hanura,Togar Pasaribu, Erick Sanjaya Simbolon


PKS, M Syahdani Putra Pardosi, dan Partai Perindo, Radeanto Banjarnahor.


Dengan adanya penetapan ini, 9 partai politik berhasil meraih kursi di DPRD Dairi dan diharapkan para anggotanya dapat menjadi wakil rakyat yang mampu menyalurkan aspirasi masyarakat.


Penulis : Rudi

Redaktur : Son