Iklan Header

Sabtu, 18 Mei 2024, 12:27 WIB
Last Updated 2024-05-18T05:27:08Z
Cerdas CermatRumah BacaSiantar

Jadi Pelopor Literasi Rumah Baca Pelita Bangsa Lomba Cerdas Cermat

Penggiat Rumah Baca Pelita Bangsa, (Foto/Istimewa).

SIANTAR - nduma.id


Rumah Baca Pelita Bangsa menggelar lomba cerdas cermat tingkat sekolah dasar Se- Kecamatan Panei Tongah Kabupaten Simalungun. Jumat 17 Mei 2024.


Frans Sipayung Founding Father Rumah Baca Pelita Bangsa menyampaikan, mengingat semakin berkurang nya minat literasi yang terjadi saat ini, maka dengan adanya lomba ini, Rumah Baca Pelita Bangsa menjadi pelopor meningkatkan literasi generasi khususnya di Kabupaten Simalungun.


"Semakin giat membaca, mengulang kembali pelajaran yang sudah dipelajari, tangkas, cerdas, dan meningkatkan HOTS mereka," kata Frans Sipayung.


Frans mengatakan, kegiatan ini mendapat dukungan dari berbagai pihak.


"Didukung Koordinator wilayah Dinas Pendidikan Kecamatan Panei dan Dinas Pendidikan Kabupaten Simalungun, adanya juga kolaborasi bersama dengan beberapa Organisasi Masyarakat dan Organisasi Mahasiswa yakni Satuan Siswa Pelajar dan Mahasiswa Pemuda Pancasila Kabupaten Simalungun, Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia Cabang Pematangsiantar-Simalungun, Perhimpunan Mahasiswa Hukum Indonesia Cabang Pematangsiantar-Simalungun, dan Kelompok Mahasiswa Peduli Demokrasi," kata Frans.


Agar ketercapaian pada materi soal sesuai dengan yang diharapkan, Rumah Belajar Pelita Bangsa berdiskusi dengan beberapa guru dan juga dosen dalam pembuatan soal untuk lomba.


"Kami juga sangat ingin melebarkan kegiatan ini sampai ke tingkat Kota Madya,"ujar Frans.


"Besar sekali harapan kami agar Rumah Baca Pelita Bangsa kelak akan semakin besar, semakin dikenal, dan memajukan literasi anak-anak di sekolah baik di sekitar Kecamatan Panei Tongah maupun di Kabupaten Simalungun," tandas Frans.


Penulis : Ari

Redaktur : Rudi