Iklan Header

Senin, 20 Mei 2024, 15:19 WIB
Last Updated 2024-05-20T08:19:20Z
Budi UtomoHari Kebangkitan NasionalPakpak Bharat

Harkitnas ke 116 Jalan Berutu Paparkan Perjuangan Budi Utomo

Jalan Berutu memimpin upacara Harkitnas. (Foto/Dok. Kominfo Pakpak Bharat). 

Pakpak Bharat - nduma.id


Sekretaris Daerah Pakpak Bharat, Jalan Berutu, S.Pd, MM memimpin upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-116 di Kabupaten Pakpak Bharat. Senin, 20 Mei 2024.


Dalam pidato tertulis yang dibacakan Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Budi Arie Setiadi menyoroti tentang perjuangan organisasi Budi Utomo untuk mengejar ketertinggalan Indonesia dari bangsa lain dan cita-cita pemerintah untuk generasi mendatang.


Organisasi Budi Utomo didirikan pada tanggal 20 Mei 1908 di Batavia oleh sejumlah dokter dan calon dokter. 


Organisasi ini banyak diharapkan sebagai motor penggerak gerakan kemerdekaan di tanah Hindia Belanda. 


Budi Utomo menjadi awal mula tempat orang belajar dan berdebat tentang banyak hal yang kemudian dirumuskan oleh Bung Karno sebagai "jembatan emas".


Kebangkitan nasional menjadi penanda lahirnya zaman baru. 


"Budi Utomo menjadi awal mula tempat orang belajar dan berdebat tentang banyak hal," kata Menkominfo RI dalam pidato tertulisnya.


Semangat kebangkitan nasional sangat penting untuk merumuskan kemerdekaan sebagai wahana memperjuangkan kedaulatan dan kemuliaan manusia. 


Pencetus cara berpikir baru dari zaman itu adalah organisasi Budi Utomo. 


Inisiatif dari Budi Utomo kemudian berkembang menjadi gerakan pemuda di seluruh Indonesia yang bertujuan untuk mencapai kemerdekaan Indonesia.


"Kebangkitan nasional adalah penanda lahirnya zaman baru. Pencetus cara berpikir baru. Semangat kebangkitan nasional merumuskan kemerdekaan sebagai wahana memperjuangkan kedaulatan dan kemuliaan manusia. Apa yang digagas Budi Utomo, Kartini dan para embrio bangsa, kemudian dirumuskan Bung Karno sebagai "jembatan emas." jelas Menteri Komunikasi dan Informatika RI dalam pidato tertulisnya.


Upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-116 di Kabupaten Pakpak Bharat dihadiri oleh ratusan ASN, personil TNI/Polri, serta berbagai unsur lainnya. 


Kita tidak boleh lupa perjuangan para pendahulu kita, yaitu Budi Utomo, Kartini, dan para embrio bangsa dalam perjuangan menciptakan bangsa Indonesia yang merdeka. 


Semoga semangat perjuangan para pejuang kemerdekaan tetap terjaga di hati setiap warga Indonesia, khususnya generasi muda, dan dapat memacu Indonesia menuju kemakmuran dan kejayaan di masa depan.


Penulis : Rudi

Redaktur : Son