Iklan Header

Minggu, 19 Mei 2024, 20:40 WIB
Last Updated 2024-05-19T13:40:01Z
Badan Pemeriksa KeuanganOpini "Wajar Tanpa Pengecualian"Pakpak Bharat

Capaian Terbaik Kelola Sistem Keuangan Kabupaten Pakpak Bharat Raih Opini WTP Lagi

Bupati Pakpak Bharat, Franc Bernhard Tumanggor menerima Opini "Wajar Tanpa Pengecualian". (Foto/Dok. Kominfo Pakpak Bharat).

Pakpak Bharat – nduma.id


Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat kembali meraih capaian terbaik dalam mengelola sistem keuangan.


Setelah melalui proses pemeriksaan oleh Badan Pemeriksa Keuangan RI, Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat berhasil memperoleh Opini "Wajar Tanpa Pengecualian" atas Laporan Hasil Pemeriksaan Keuangan Tahun 2023.


Capaian ini sudah menjadi keempat kalinya berturut-turut bagi Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat.


Sebuah pencapaian luar biasa yang tak lepas dari kerja keras seluruh pihak dalam menjalankan tugas dan fungsi sebagai penyelenggara keuangan negara.


Pesan Bupati Pakpak Bharat, Franc Bernhard Tumanggor, adalah ucapan syukur dan rasa bangga atas capaian ini.


Ia mengapresiasi kinerja tim auditor BPK Perwakilan Sumatera Utara yang telah membantu proses pemeriksaan keuangan.


“Puji Tuhan, ini yang keempat kali berturut-turut, Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat berhasil mencapai Opini Penilaian Wajar Tanpa Pengecualian ini, sebuah capaian terbaik atas kerja keras kita dalam mengelola sistem keuangan,” ucap Franc Bernhard Tumanggor di Medan, Jumat (17/5/2024).


Namun, tak menutup mata bahwa dalam proses pemeriksaan tersebut terdapat temuan dan kelemahan dalam penyusunan laporan keuangan.


Kendati demikian, Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat akan mengevaluasi diri dan berkomitmen untuk memperbaiki segala kekurangan dan kealpaan yang ditemukan dalam penyusunan laporan keuangan selama ini.


“Atas  audit dilaksanakan terdapat temuan dan kelemahan dalam penyusunan laporan keuangan.  Tentunya dengan temuan tersebut, kami dapat mengetahui kekurangan dan kealpaan dalam menyusun laporan keuangan selama ini,” ucap Frans.


Ia berkomitmen untuk mengikuti segala pedoman serta aturan pelaksanaan kegiatan yang telah diterbitkan.


“Ini sebagai acuan bagi kami agar dapat menyusun laporan keuangan pemerintah daerah, menjadi lebih baik, akuntabel, terukur dan terarah di masa yang akan datang, baik dalam pelaksanaan program dan kegiatan pemerintahan, pembangunan serta kemasyarakatan,” tandas bupati.


Sebagai acuan, pemerintah daerah ini akan mengikuti segala pedoman serta aturan pelaksanaan kegiatan yang telah diterbitkan, demi menciptakan tata kelola keuangan yang lebih baik, akuntabel, terukur, dan terarah di masa yang akan datang.


Dalam konteks yang lebih luas, pencapaian ini menunjukkan kualitas pemerintahan di Kabupaten Pakpak Bharat semakin meningkat dari tahun ke tahun.


Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat telah meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian ini sebanyak 8 kali, dimana 4 diantaranya dicapai secara berturut-turut dalam masa Kepemimpinan Franc Bernhard Tumanggor dan H Mutsyuhito Solin, Dr, M.Pd sebagai Bupati dan Wakil Bupati Pakpak Bharat.


Penulis : Rudi

Redaktur : Son