Iklan Header

Selasa, 16 April 2024, 23:59 WIB
Last Updated 2024-04-18T01:10:47Z
DairiDairi UnggulKunjungan Kerja

Upaya Menyongsong Dairi Unggul, Pemkab Dairi Kunker di Kecamatan Sumbul

Bupati Dairi bersama Ketua PKK Dairi di sematkan Ulos. (Foto/Dok. Kominfo Dairi).

DAIRI – nduma.id


Pemerintah Kabupaten Dairi kunjungan kerja (kunker) ke Kecamatan Sumbul yang dipusatkan di Lapangan Kantor Kecamatan Sumbul, Selasa, 16 April 2024.


Acara dihadiri Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu beserta beberapa kepala dinas dan camat di Kabupaten Dairi.


Tampak hadir pula tokoh masyarakat Sumbul, Robin Lingga, yang memberikan apresiasi terhadap program layanan pemerintah terhadap masyarakat, khususnya pelayanan dokumen administrasi kependudukan.


Menurut Robin Lingga, pelayanan dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil sangat luar biasa, cepat, dan dirasakan oleh masyarakat secara langsung.


“Pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil sangat luar biasa, cepat, dan dirasakan oleh masyarakat secara langsung,” sebut Robin Lingga.


Hal ini direspon positif oleh Bupati Eddy Berutu yang menyampaikan bahwa kunjungan kerja tersebut merupakan upaya untuk mengevaluasi program yang belum, sedang, dan sudah terlaksana dalam mewujudkan Dairi Unggul.


Bupati Eddy Berutu berpendapat bahwa untuk menjadi seorang pemimpin yang semakin bertumbuh, harus mampu menghadapi suatu tantangan, seperti penanganan Covid-19 yang hingga kini masih menjadi masalah di berbagai daerah di Indonesia.


Meski demikian, Dairi dinilai sebagai salah satu daerah yang sangat baik dalam penanganannya.


Dalam kunker tersebut, Kecamatan Sumbul menjadi sorotan utama.


Bupati Dairi mengumumkan bahwa Sumbul telah mendapatkan project khusus yang datang dari Asian Development Bank (ADB).


Bank ini akan memberikan dukungan selama 5 tahun kepada petani di Sumbul dengan memberikan bantuan kepada petani dengan luas lahan lebih kurang 660 hektar.


“Yang membuat senang lagi, nanti lahan pertanian ada mekanisasi dimana mesin-mesin bisa masuk. Dengan begitu, hasil produksi pertanian akan meningkat. Sumbul menjadi salah satu andalan kita untuk menjaga ketahanan pangan,” ujar Bupati Eddy Berutu.


Tak hanya bantuan dari ADB, Kecamatan Sumbul juga telah mendapatkan banyak pembangunan seperti infrastruktur jalan yang telah hotmix, perbaikan drainase, dan irigasi yang sudah diusulkan kepada pemerintah pusat.


Dalam kunker tersebut, berbagai pelayanan langsung dilakukan oleh pemerintah, diantaranya pelayanan administrasi kependudukan, pelayanan kesehatan gratis serta operasi pasar murah, pemberian bantuan kepada masyarakat dan juga untuk lansia.


Penulis : Rudi

Redaktur : Son