Iklan Header

Sabtu, 06 April 2024, 07:33 WIB
Last Updated 2024-04-11T00:42:27Z
DairiMusrenbangPembangunan

Bupati Dairi Buka Musrenbang RPJPD 2025-2045

Bupati Dairi membuka  Musrenbang RPJPD 2025-2045

DAIRI – nduma.id


Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) 2025-2045 dibuka oleh Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu di Gedung Perpustakaan Raja Naga Jambe, Sidikalang, Jumat, 5 April 2024.


Musrenbang dihadiri oleh unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (RKPD), pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Kepala BPS Kabupaten Dairi, Kabid Riset dan Inovasi Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Provinsi Sumatera Utara, serta para pemerhati dan stakeholder pembangunan lain di Kabupaten Dairi.


Bupati Dairi Eddy Berutu menyampaikan bahwa musrenbang ini penting untuk membahas kesepakatan terhadap visi, misi, tujuan, arah kebijakan, dan sasaran pokok pembangunan Kabupaten Dairi pada 20 tahun mendatang.


Visi dan misi yang dibahas harus selaras dengan tujuan dan arah pembangunan nasional dan Provinsi Sumatera Utara.


"Dalam forum ini membahas kesepakatan terhadap visi dan misi, tujuan, arah kebijakan dan sasaran pokok pembangunan Kabupaten Dairi pada 20 tahun mendatang," kata Eddy Berutu.


Visi RPJPD Kabupaten Dairi tahun 2025 – 2045 adalah mewujudkan masyarakat Dairi unggul, maju, dan berkelanjutan.


Selain itu, terdapat 8 misi pembangunan yang harus dicapai.


Misi-misi tersebut mencakup transformasi sosial, transformasi ekonomi, transformasi tata kelola pemerintahan, masyarakat demokratis, ketahanan sosial, budaya, dan ekologi, pembangunan kewilayahan, pembangunan sarana dan prasarana, serta kesinambungan pembangunan.


"Visi tersebut merupakan kondisi yang diharapkan dalam upaya mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat yang berkeadilan dan ikatan negara Kesatuan Negara Republik Indonesia," ucapnya.


Untuk mewujudkan 8 misi tersebut, dibutuhkan keseriusan dan keikhlasan dari semua pihak.


Bupati mengajak semua pihak untuk memberikan dukungan agar penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan di Kabupaten Dairi berjalan dengan baik dan dirasakan oleh masyarakat.


Dalam Musrenbang RPJPD 2025-2045 ini terlihat upaya pemerintah kabupaten Dairi untuk mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat yang berkeadilan dan ikatan negara Kesatuan Negara Republik Indonesia dengan tetap memperhatikan pembangunan selaras dengan visi nasional dan provinsi. 


Penulis : Rudi

Redaktur : Son