Iklan Header

Kamis, 21 Maret 2024, 16:44 WIB
Last Updated 2024-03-21T09:44:22Z
DairiKesehatanPuskesmas

Upaya Meningkatkan Akses Pelayanan Kesehatan Masyarakat di Daerah Padat Penduduk

Bupati Dairi menyapa pasien. (Foto/Dok. Kominfo Dairi).

DAIRI, Sidikalang – nduma.id


Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu meninjau langsung pusat pelayanan kesehatan masyarakat (PKM) di Puskesmas Huta Rakyat dan Puskesmas Batang Beruh di Kecamatan Sidikalang.


Tujuannya untuk memastikan bahwa puskesmas telah memberikan pelayanan kesehatan dengan baik kepada masyarakat setempat.


Bupati Dairi memberikan apresiasi terhadap pihak puskesmas yang masih dapat memberikan pelayanan secara prima meskipun dengan fasilitas yang terbatas.


"Saya senang pagi ini bisa punya kesempatan bertemu dengan rekan-rekan sekalian, tenaga medis di Puskesmas Huta Rakyat  Puskesmas Batang Beruh. Saya ucapkan terima kasih, dengan fasilitas yang terbatas tetapi rekan sekalian bisa melayani dengan baik dan semangat," kata Eddy Berutu, Selasa (19/3/2024).


Dalam pertemuan tersebut, Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu menekankan pentingnya kesehatan yang merupakan faktor terpenting dalam pembangunan sumber daya manusia terutama dalam daerah yang padat penduduk dan kompleks seperti Huta Rakyat.


Selain memberikan motivasi dan apresiasi kepada tenaga medis yang telah memberikan pelayanan kesehatan secara aktif, Bupati Dairi juga memantau langsung kondisi pelayanan kesehatan yang ada di puskesmas agar dapat memperbaiki kondisi yang ada.


Meskipun kondisi ruangan terbatas, Bupati Dairi tetap memberikan dukungan dan semangat kepada para tenaga medis agar tetap melayani masyarakat dengan baik dan memastikan bahwa tugas yang diberikan dapat dijalankan dengan sebaik mungkin.


"Saya perhatikan, kondisi puskesmas kita sebetulnya sudah rapi, tetapi karena keterbatasan ruangan, jadi satu ruangan harus dimultifungsikan. Saya minta, tetap semangat dalam kondisi apapun, kita tetap melayani masyarakat, tetap aktif dalam tugas dan peran kita, sehingga kita semakin memberikan manfaat kepada masyarakat," kata Eddy.


Melalui kunjungan ini, Bupati Dairi ingin memberikan pengalaman langsung kepada masyarakat yang menggunakan layanan kesehatan, sehingga dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat dan akses pelayanan kesehatan yang lebih baik.


Bupati Dairi juga menunjukkan kepeduliannya kepada pasien yang sedang berkunjung dengan memberikan sekotak susu kepada lansia.


Dalam upaya peningkatan kesehatan masyarakat, Pemerintah Kabupaten Dairi terus berupaya meningkatkan akses dan kualitas pelayanan kesehatan di daerah-daerah yang membutuhkan.


Seperti yang disampaikan oleh Bupati Dairi, kesehatan merupakan faktor terpenting dalam pembangunan sumber daya manusia, sehingga layanan kesehatan yang baik dan akses yang mudah harus menjadi prioritas dalam setiap upaya pembangunan dan kemajuan masyarakat.


Penulis : Rudi

Redaktur : Son