Alfri

Alfri

Halim

Wanseptember

Wanseptember
Senin, 18 Maret 2024, 13:34 WIB
Last Updated 2024-03-18T06:34:03Z
Aparatur Sipil NegaraInspektoratPakpak BharatPelatihan

Tingkatkan Akuntabilitas dan Kompetensi APIP, Pemkab Pakpak Bharat Pelatihan Pembinaan

Bupati Pakpak Bharat Franch Bernharrd Tumanggor memberikan sambutan. (Foto/Dok. Kominfo Pakpak Bharat).

Pakpak Bharat - nduma.id


Pemerintahan adalah sebuah organisasi yang kompleks dan sulit untuk dikelola jika tidak dilakukan secara tepat dan efektif. 


Karena itulah, Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat melalui Inspektorat Kabupaten Pakpak Bharat melaksanakan Pendidikan dan Pelatihan serta Melaunching Fokus Pengawasan Tahun 2024. 


Pembekalan dan Pembinaan kepada seluruh Kepala OPD Kabupaten Pakpak Bharat ini di gelar di Hotel Santika Premiere Dyandra, Medan pada 14 Maret 2024 sampai dengan 15 Maret 2024 lalu.


Tujuannya untuk meningkatkan akuntabilitas dan kompetensi APIP, serta meningkatkan konsistensi dan kerja sama antar Instansi dan Lembaga Pemerintahan.


Menurut Inspektur Kabupaten Pakpak Bharat, Sumantri Bancin, program ini bertujuan sebagai penyampaian akuntabilitas atas capaian kinerja Inspektorat Kabupaten Pakpak Bharat.


Penyampaian rencana atau tindakan awal terhadap fokus pengawasan tahun 2024.


Sebagai saran pertukaran informasi antara Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah.


Dan meningkatkan kompetensi APIP, baik skill, knowledge dan attitude.


Hal ini sejalan dengan harapan Bupati Pakpak Bharat, Franc Bernhard Tumanggor. 


Menurutnya, tata kelola dan penyelenggaraan Pemerintahan di Kabupaten Pakpak Bharat harus dapat berjalan dengan maksimal tanpa kendala yang berarti. 


"Kondisi saat ini yang sangat dinamis dengan perubahan yang begitu cepat, tuntutan birokrasi yang efektif, cepat, mudah dan lincah, kebutuhan organisasi semakin beragam," kata Bupati, Senin (18/3/2024).


Katanya lagi tantangan saat ini yang semakin tinggi dan kompleks, maka dapat dipastikan tidak akan ada yang bisa bekerja sendiri. 


"Maka kerja sama antar instansi dan lembaga pemerintahan mutlak harus dilaksanakan secara konsisten dan berkelanjutan," tandas Bupati dalam sambutannya.


Untuk mencapai tujuan tersebut, beberapa pemateri terbaik sengaja didatangkan, diantaranya Inspektur Provinsi Sumatera Utara, Lasro Marbun, SH, M.Hum, Koordinator Pengawasan Bidang Akutansi Negara BPKP Perwakilan Sumatera Utara, Agus Rianto, serta Bupati Pakpak Bharat sendiri dan beberapa pemateri lainnya.


Dengan adanya program ini, diharapkan bahwa seluruh Organisasi Perangkat Daerah di Kabupaten Pakpak Bharat dapat meningkatkan kinerjanya dan bekerja secara lebih efektif. 


Selain itu, program ini diharapkan dapat memberikan manfaat dan dampak positif bagi masyarakat Pakpak Bharat secara keseluruhan, dengan kinerja yang lebih baik dan pelayanan yang lebih baik dari Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat.


Penulis : Rudi

Redaktur : Son