Iklan Header

Senin, 04 Maret 2024, 23:13 WIB
Last Updated 2024-03-05T01:20:03Z
Pakpak BharatPeremajaan SawitPertanian

Solusi Meningkatkan Kesejahteraan Petani Sawit, Pemkab Pakpak Bharat Program Peremajaan Sawit Rakyat

Menunjukkan berkas perjanjian kerja sama. (Foto/Dok. Kominfo Pakpak Bhaat).

PAKPAK BHARAT – nduma.id


Perkebunan kelapa sawit menjadi salah satu mata pencaharian utama bagi masyarakat Indonesia, terutama bagi petani kecil di daerah pedesaan.


Namun, kendala dalam peremajaan sawit seringkali menjadi hambatan untuk meningkatkan kualitas produksi dan kesejahteraan petani sawit.


Di Kabupaten Pakpak Bharat, peremajaan sawit rakyat menjadi program prioritas Bupati Franc Bernhard Tumanggor dan Wakil Bupati, H Mutsyuhito Solin, Dr, M.Pd untuk membantu para petani sawit dalam meremajakan sawit mereka.


Dalam upaya tersebut, Plt. Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Pakpak Bharat, Adei Johan Banurea, SP, MM dan Ketua Sekretariat Tim Peremajaan Sawit Rakyat pada Dirjen Perkebunan Kementerian Pertanian RI, Togu Rudianto Saragih, SH, MH menandatangani Perjanjian Kerja Sama tentang Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) di Pullman Jakarta Central Park, Senin 4 Maret 2024.


Melalui kerja sama ini, ada tambahan kuota sekitar 300 Ha peremajaan sawit yang akan dialokasikan di Kecamatan Pagindar dan Sitellu Tali Urang Jehe.


“Tahun ini, melalui kerja sama ini kita memperoleh kuota tambahan sekitar 300 Ha peremajaan sawit, nantinya akan kita alokasikan di Kecamatan Pagindar dan Sitellu Tali Urang Jehe,” kata Adei Johan di Jakarta.


Program peremajaan sawit yang dilakukan di Kabupaten Pakpak Bharat terbukti berhasil pada tahun 2022, di mana berhasil meremajakan 300 Ha tanaman sawit rakyat.


Tahun ini, program peremajaan sawit rakyat dilanjutkan dengan program PSR sebagai lanjutan dari program peremajaan sawit beberapa waktu lalu yang telah dilaksanakan di Kecamatan Pagindar.


“Senang sekali rasanya bisa membantu teman-teman di Kabupaten Pakpak Bharat, mudah-mudahan upaya peremajaan Perkebunan Sawit Rakyat yang kita kerjakan ini bisa membantu petani-petani sawit di sana,” sebut Rudianto Saragih.


Manfaat dari program PSR adalah membantu para petani sawit yang kesulitan meremajakan sawit mereka.


Selain itu, program ini juga membantu meningkatkan kualitas produksi kelapa sawit dan menjaga kesejahteraan petani sawit.


Sentuhan peremajaan pada perkebunan sawit, dapat memperbarui pohon kelapa sawit, dan memperkuat kembali harapan para petani sawit rakyat terhadap masa depan mereka sebagai bagian dari peningkatan ekonomi dalam daerahnya.


Penulis : Rudi

Redaktur : Son