Iklan Header

Jumat, 01 Maret 2024, 10:16 WIB
Last Updated 2024-03-01T03:16:28Z
MusrenbangPakpak BharatPembangunan

Pakpak Bharat Bangun Sinergi dan Kolaborasi Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Bupati Pakpak Bharat membuka Musrenbang 2025. (Foto/Dok. Kominfo Pakpak Bharat).

PAKPAK BHARAT, Salak - nduma.id


Musyawarah Perencanaan Pembangunan / RKPD Tahun 2025 yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat di Balai Diklat BKPSDM, Cikaok, mengangkat tema “Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Melalui Penguatan Daya Saing Ekonomi Berbasis Potensi Lokal”. 


Namun, dengan anggaran APBD yang terbatas, Pemerintah Kabupaten menyadari perlunya peran serta masyarakat, kerjasama sinergi yang intensif dengan Pemerintah Provinsi dan Pusat, serta kerjasama dengan swasta dalam konsep Public Private Partnership.


Bupati menyatakan bahwa program pembangunan di Kabupaten Pakpak Bharat sangat tergantung pada dukungan alokasi Anggaran dari Pemerintah Provinsi dan Pusat, serta sinergi dengan Corporate Social Responsibility (CSR) dan kerjasama Pemerintah-Swasta dalam konsep Publik private Partnership. 


"Semua harus berkolaborasi," kata Bupati, Kamis (29/2/2024).


Beberapa program pembangunan, seperti akses jalan Delleng Simpoon-Humbang Hasundutan, Penyediaan Sarana Air Bersih (PSAB) Sapo Pulo, dan peningkatan kapasitas jalan batas NAD-Pagindar-Lagan-Aornakan kata bupati masih menjadi fokus pembangunan di Kabupaten Pakpak Bharat.


Staff Ahli Gubernur Sumatera Utara Bidang Ekonomi, Keuangan, Pembangunan, Aset dan Sumber Daya Alam, Harianto Butar-Butar, SE, M.Si berjanji bahwa pembangunan jalan penghubung Delleng Simpoon-Humbang Hasundutan tetap menjadi prioritas Pemerintah Provinsi Sumatera Utara. 


Selain itu, ia juga memaparkan beberapa prioritas pembangunan lainnya di Sumatera Utara, seperti peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia, pertumbuhan ekonomi inklusif, pembangunan kualitas infrastruktur yang berkelanjutan, serta peningkatan tata Kelola Pemerintahan yang berkualitas dan inovatif.


Untuk mewujudkan pembangunan yang hebat di Kabupaten Pakpak Bharat, kolaborasi antara Pemerintah Pusat, Provinsi, Kabupaten/Kota, perguruan Tinggi, swasta dan masyarakat sangat diperlukan. 


Wakil Ketua DPRD Pakpak Bharat, Elson Angkat, SS menyatakan bahwa pembangunan di Kabupaten Pakpak Bharat akan diawasi dan dikawal oleh Legislatif, fokus pada pembangunan infrastruktur dan pertanian. 


Dengan sinergi dan kolaborasi yang kuat, diharapkan pembangunan dapat berjalan dengan maksimal dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Pakpak Bharat.


Penulis : Rudi

Editor : Son