Iklan Header

Minggu, 03 Maret 2024, 23:57 WIB
Last Updated 2024-03-04T02:01:06Z
JurnalistikPelatihanSerdang Bedagai

Media Online sinarsergai.com Gelar Pelatihan Jurnalistik Tingkatkan Kualitas Wartawan

Foto bersama Pelatihan jurnalistik sinarsergei.com. (Foto/Istimewa).

Serdang Bedagai - nduma. id


Sinarsergai.com, media online yang berbasis di Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara, menyelenggarakan kegiatan pelatihan jurnalistik Minggu, 3 Maret 2024. 


Kegiatan bertema "Membangun Daerah Lebih Maju Bersama Wartawan Berkualitas."


Zuhari, Pemimpin Umum sinarsergai.com, menyatakan kegiatan dilakukan untuk meningkatkan kualitas wartawan dalam mencari dan membuat berita yang aktual dan bebas dari berita bohong. 


"Saya sebagai Pemimpin Perusahaan/Umum media online sinarsergai.com merasa bertanggungjawab untuk meningkatkan kualitas wartawan yang ada di media ini. Ini kesempatan bagi kita, dari seluruh media online yang ada di Kabupaten Serdang Bedagai, baru media inilah yang membuat pelatihan jurnalis," katanya.


Ia berharap ke depan wartawan sinarsergai.com bertambah ilmu pengetahuan dan benar-benar memahami dalam menjalankan tugas  jurnalistik. 


Turut hadir sebagai narasumber Ketua Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sumatera Utara, Erris Julieta Napitupulu, Pemimpin Redaksi sinarsergai.com, Ariadi, Penguji dan Penasehat SMSI Sumut, Austin Tumengkol, Agus Sinambela, serta pengurus SMSI Sumut, Kadis Kominfo Sergai Ingan Malem Tarigan, SE, Zulfikar Tanjung, Agus Lubis, Ayu Ningtiyas, Agus Sinambela, dan Rony Purba. 


Ketua SMSI Sumut, Erris Julieta Napitupulu dalam sambutannya mengatakan, pelatihan yang dibuat media online sinarsergai.com ini sebagai bukti menjadi media yang maju. 


Sebab, menurut informasi di Kabupaten Serdang Bedagai ini, media sinarsergai.com merupakan media yang pertama melaksanakan pelatihan jurnalistik.


"Apa yang dilakukan sinarsergai.com sebagai langkah maju dengan menggelar pelatihan wartawan. Ini menjadi contoh bagi media-media online untuk dapat melakukan hal yang sama. Walaupun saya lihat jumlah wartawan sinarsergai.com  sedikit, tapi telah memiliki ilmu yang mumpuni dalam peliputan dan penulisan berita ke depan,"katanya.


Erris juga mengimbau, sebagai Ketua SMSI Sumut dianjurkan  untuk dapat mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW), karena UKW itu sangat penting dalam pembekalan dan mengerti akan kode jurnalistik, dalam peliputan berita.


Untuk mewakili pihak kepolisian hadir Kasi Humas Iptu Edward Sidauruk, SE, MM.


Selain meningkatkan kualitas wartawan, kegiatan ini juga merupakan contoh bagi media online lainnya untuk melakukan hal yang sama. 


Erris Julieta Napitupulu, Ketua SMSI Sumut, menambahkan bahwa pelatihan itu sangat penting dalam memahami kode jurnalistik dan melakukan peliputan dengan tepat dan akurat.


Selama kegiatan, pemimpin umum sinarsergai.com banyak memberikan arahan pada peserta agar selalu menambah pengetahuan dan ilmu yang didapat dalam pelatihan tersebut. 


Ia juga menekankan agar wartawan tidak mengandalkan copy paste dalam membuat berita, karena banyak berita yang diragukan sumbernya.


Kegiatan pelatihan ini juga diikuti dengan pemberian Tamlih kepada 25 orang anak yatim. 


Penulis : Rudi

Editor : Novel