Iklan Header

Rabu, 27 Maret 2024, 08:53 WIB
Last Updated 2024-03-27T01:53:23Z
Bank IndonesiaPenukaran UangRamadhanSiantar

Layanan Penukaran Terpadu Serambi 2024 Mulai Beroperasi di Siantar

Foto bersama usai peluncuran layanan terpadu. (Foto/Istimewa).

SIANTAR - nduma.id


Layanan Penukaran Terpadu Semarak Rupiah Ramadhan dan Berkah Idul Fitri (Serambi) tahun 2024 mulai beroperasi.


Bertempat di Lapangan Haji Adam Malik, Kota Pematangsiantar, layanan ini di buka langsung oleh Wali Kota Pematangsiantar, Selasa, 26 Maret 2023 pagi pukul : 09.30 WIB.


Selain Walikota Pematangsiantar Dr Susanti Dewayani, SpA, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Pematangsiantar Muqorobin, Perwakilan Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Pematangsiantar, Perwakilan Dandim 0207/Simalungun dan Perwakilan Perbankan tampak hadir di lokasi.


Walikota Pematangsiantar dr Susanti Dewayani, menyampaikan SERAMBI dengan tema "Bijak Gunakan Rupiah di Bulan Penuh Berkat" tersebut diselenggarakan oleh BI untuk penukaran uang Rupiah terutama menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 H mengharapkan masyarakat dapat belanja bijak sesuai kebutuhan dan membeli produk dalam negeri, serta tak lupa menabung.


“Pemerintah Kota (Pemko) Pematangsiantar bersama Forkopimda serta BI dan perbankan telah mampu menekan laju inflasi hingga di angka terendah. Masyarakat tidak perlu mengkhawatirkan stok kebutuhan pokok selama Ramadhan dan Idul Fitri. Kami terjun langsung untuk memastikan ketersediaan. Jangan panik, pasokan aman hingga sesudah Idul Fitri," terang dr Susanti.


Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Pematangsiantar Muqorobin menyerahkan cinderamata berupa uang angkat (uang bersambung) kepada Walikota dan Forkopimda Pematangsiantar.


Kemudian dilanjutkan Pembukaan Layanan Penukaran Terpadu SERAMBI ditandai dengan penukaran uang oleh Walikota Pematangsiantar dr Susanti dan Forkopimda di mobil-mobil kas keliling.


Kepala Perwakilan BI Pematangsiantar  Muqorobin mengucapkan syukur karena pihaknya yang kali pertama memanfaatkan Lapangan Adam Malik setelah selesai direvitalisasi termasuk rangkaian kegiatan Ramadhan Fair bersama Pemko Pematangsianțar di lapangan pariwisata.


Untuk kegiatan SERAMBI, lanjutnya, selain BI ada 5 bank lainnya yang berpartisipasi, yaitu Bank Sumut, Bank Mandiri, BNI, BRI, dan Bank Syariah Indonesia (BSI).


“Kelima bank ini memiliki armada kas keliling. Sedangkan bank-bank lainnya melayani penukaran uang di kantor masing-masing," terang Muqorobin.


Selain di Lapangan Adam Malik, BI juga membuka kas keliling di sejumlah lokasi secara bergantian, seperti di Pasar Horas, Pasar Dwikora, Komplek Megaland, dan Beringin Kecamatan Tapian Dolok Kabupaten Simalungun.


“Ini digelar dalam rangka menyediakan kebutuhan uang pecahan baru (uang cetak segar) menjelang Hari Raya Idul Fitri, sekaligus sosialisasi uang palsu dan agar masyarakat Cinta, Bangga, dan Paham (CBP) Rupiah. Terima kasih kepada Bu Wali yang sudah mengizinkan kami menggunakan Lapangan Adam Malik. Kepada bank-bank, selamat bekerja melayani masyarakat," tandasnya.


Penulis : Ari

Redaktur : Rudi