Iklan Header

Sabtu, 16 Maret 2024, 16:56 WIB
Last Updated 2024-03-17T10:00:04Z
DairiPembangunanPKK

Ketua PKK Dairi Tekankan Menjaga Peran dan Pentingnya Program PKK untuk Pembangunan Desa

Foto bersama PKK Dairi. (Foto/Dok. Kominfo Dairi).

DAIRI - nduma.id


Tim Penggerak PKK Kabupaten Dairi melakukan supervisi ke PKK Kecamatan Sidikalang, Jumat, 15 Februari 2024, di kantor Kecamatan Sidikalang. 


Acara tersebut diawali dengan sambutan dari Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Dairi, Romy Mariani Eddy Berutu. 


Dia mengatakan bahwa selama 4 tahun menjabat sebagai Ketua Tim Penggerak PKK, anggota PKK di desa maupun kecamatan kurang optimal dalam menjalankan tugasnya dengan baik karena minimnya anggaran.


Hal ini menyebabkan pemimpin Tim Penggerak PKK berharap, instansi yang menaungi PKK, memberikan pengarahan terlebih dahulu kepada kepala desa akan pentingnya peran PKK dalam masyarakat.


Pasalnya, PKK mendukung program pembangunan di desa, kecamatan, dan kabupaten, yang tujuannya mencapai kesejahteraan masyarakat.


Romy Mariani Eddy Berutu menambahkan, anggaran yang sudah ditentukan harus dikelola dengan baik. 


PKK bukan hanya kegiatan arisan saja, tapi program yang sebenarnya adalah program yang ada kaitannya dengan pembangunan di desa maupun kecamatan. 


Salah satu pembangunan penting adalah pembangunan keluarga, yang merupakan bagian terkecil dalam masyarakat.


"PKK tidak hanya kegiatan arisan saja, tapi juga program yang sesungguhnya adalah program yang ada kaitannya dengan pembangunan di desa maupun kecamatan." ujarnya. 


"Saya banyak turun ke desa, namun masih banyak yang belum paham tentang PKK." Tandas Rommy.


Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Simon Tony Malau mengatakan, untuk mendukung kegiatan yang dilakukan PKK baik kecamatan maupun desa, harus didukung oleh anggaran yang sesuai. 


Dengan anggaran yang cukup, anggota PKK dapat berkreasi dalam menjalankan programnya. 


Program PKK, melalui 10 programnya, menjadi motor penggerak utama bersama dengan pemerintah dan stakeholder dalam mewujudkan pembangunan.


“Ada manfaat dan progres yang berdampak pada masyarakat dari kegiatan PKK ini, salah satu dampaknya adalah kesejahteraan meningkat secara perlahan," kata Simon Tony.


Tidak hanya di Sidikalang, tahun 2024 ini PKK Kabupaten akan intens melakukan pembinaan di seluruh kabupaten, kecamatan, dan desa. 


Semangat baru dalam mewujudkan program PKK diharapkan muncul dengan adanya supervisi ini. 


"Sebagai instansi pembina, Dinas PMD selalu hadir dalam setiap pembinaan PKK untuk memberikan dukungan terhadap PKK.” ujarnya.


Penulis : Rudi

Redaktur : Son