Iklan Header

Rabu, 06 Maret 2024, 10:53 WIB
Last Updated 2024-03-06T03:53:52Z
BasarnasDanau TobaMedanPariwisata

Kepala Basarnas Pesankan Safety First Zero Accident dan Perkuat Pengamanan Wisata Danau Toba

Kabasarnas disambut di bandara Lanut Medan. (Foto/Istimewa).

Medan - nduma.id


Kepala Basarnas Republik Indonesia Marsekal Madya TNI Kusworo, beserta deputi dan direktur, melakukan kunjungan kerja ke Kantor SAR Medan pada Senin, 4 Maret 2024. 


Dalam arahannya, Kusworo mengingatkan seluruh jajarannya di Sumatera Utara untuk selalu mengutamakan prinsip safety first zero accident, serta memperkaya diri dengan ilmu dan pengetahuan terkini dalam memperkuat kemampuan melayani masyarakat.


"Utamakan prinsip safety first zero accident," kata Kusworo dalam sambutannya di depan personil Kantor SAR Medan.


Kusworo mengakui bahwa Kantor SAR Medan memiliki wilayah kerja yang sangat luas, yaitu mencakup 26 kabupaten dan kota, tetapi hanya memiliki personel sekitar 117 orang saja. 


Meskipun begitu, ia yakin dengan kemampuan, disiplin, dan ilmu yang dimiliki oleh personel, mereka selalu siap melaksanakan tugas ketika terjadi kondisi yang membahayakan manusia dan membutuhkan jasa SAR.


"Luasan wilayah kerja Kantor SAR Medan dengan tanggung jawab 26 kabupaten/kota dan hanya diawaki 117 orang personel memang secara perhitungan jauh dari kata mampu," ujar Kusworo.


Oleh karena itu, Kusworo sangat menekankan pentingnya persiapan yang matang serta kesiapsiagaan personel dalam menghadapi setiap keadaan darurat yang menuntut penggunaan jasa SAR. 


Terkait sektor pariwisata, Ia mengatakan sudah merencanakan pembangunan pos SAR di Danau Toba dan menambahkan beberapa alat air seperti kapal, RIB, dan jetski untuk meningkatkan tingkat keamanan para wisatawan.


"Basarnas hadir dengan membangun pos SAR di Danau Toba dan menempatkan beberapa alut air seperti Kapal, RIB dan Jetski dan rencananya kita nanti juga akan menambahkan 1 unit Kapal terbaru di Kantor SAR Medan." ujarnya.


Kunjungan kerja Kepala Basarnas ke Kantor SAR Medan memberikan semangat dan motivasi bagi personel Kantor SAR Medan untuk semakin memperbaiki kualitas pelayanan mereka dan menjadi pahlawan bagi masyarakat yang mengalami keadaan darurat. 


Penulis : Rudi

Redaktur : Son