Iklan Header

Jumat, 15 Maret 2024, 23:50 WIB
Last Updated 2024-03-15T23:25:23Z
DPRDGerindraMedanPemilu 2024

Kecewa, Kader Gerindra Kritisi Kursi Partai Turun di DPRD Medan, Siapa Tanggung Jawab ?

Hamdan Saragih. (Foto/Istimewa).

Medan - nduma.id


Pemilu 2024 lalu sepertinya memicu perdebatan politik di Partai Gerindra Kota Medan.


Hamdan Saragih, salah satu kader Partai Gerindra Kecamatan Medan Deli, mengaku kecewa dengan kinerja kepengurusan Gerindra Kota Medan yang di pimpin Ihwan Ritonga sebagai Ketua DPC Partai Gerindra Kota Medan.


Hamdan mengungkapkan kekecewaannya atas terjadinya penurunan perolehan kursi Partai Gerindra yang pada tahun 2019 berhasil meraih 10 kursi, namun tahun 2024 ini hanya memperoleh 6 kursi saja dalam Pemilu 14 Februari 2024 lalu.


Ia menilai bahwa penurunan kursi ini dapat membuat para kader akar rumput merasa kecewa.


"Kita kader akar rumput yang cinta terhadap institusi Partai Gerindra ini sangat kecewa atas perolehan kursi Partai Gerindra Kota Medan pada Pemilu 2024 ini," ucap Hamdan, Jumat (15/03/2024).


Tak hanya itu, Hamdan juga menyoroti sikap partai Gerindra Kota Medan yang terkesan diam dan tidak bertindak atas dugaan penggelembungan suara di daerah pemilihan 3 Kota Medan, terutama di Kecamatan Medan Timur yang di nilai berdampak kepada Partai Gerindra kehilangan satu kursi.


Hamdan menambahkan bahwa para kader Gerindra di akar rumput, khususnya di Dapil 3, sudah berjuang keras untuk mendapatkan kursi terbanyak. 


Namun, kasus peralihan suara yang terjadi membuat perjuangan mereka menjadi sia-sia dan curiga suara mereka di jual karena menilai Partai Gerindra Kota Medan sepertinya tak merespon dugaan kecurangan itu.


"Berdasarkan data yang kita pegang harusnya Gerindra dapat tiga kursi di Dapil 3 Kota Medan, tapi kenapa partai diam seribu bahasa atas kasus yang merugikan partai yang kita cintai ini, akhirnya kita akar rumput jadi menduga-duga  menjual kursi itu," ujar Hamdan  


Sebelumnya beredar kabar ada peralihan suara dari Partai Buruh dan Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) ke Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di Kecamatan Medan Timur, itu katanya menurut rekomendasi yang dikeluarkan oleh Bawaslu Kota Medan. 


Hal ini membuat Gerindra kehilangan satu kursi di Dapil 3 Kota Medan.


Penulis : Rudi

Redaktur : Son