Iklan Header

Sabtu, 09 Maret 2024, 15:40 WIB
Last Updated 2024-03-17T08:45:54Z
AklamasiDairiPersatuan Catur Seluruh Indonesia

Eddy Berutu Aklamasi Ketua Percasi Sumut 2024-2028

Eddy Keleng Ate Berutu. (Foto/Dok. Kominfo Dairi).

DAIRI - nduma.id


Dalam upaya memajukan prestasi olahraga catur di Indonesia, Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu terpilih secara aklamasi menjadi Ketua Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) wilayah Sumatera Utara (Sumut) untuk masa bakti 2024 - 2028. 


Penetapan tersebut dihasilkan dari Musyawarah Provinsi yang digelar di Gedung Balai Budaya Sidikalang pada Jumat 8 Maret 2024.


Dalam sambutannya usai dilantik, Eddy Berutu menyampaikan tekadnya untuk mewujudkan Percasi Sumut yang unggul. 


Ia mengusung beberapa program unggulan jangka pendek dan panjang sebagai upaya pembinaan, pengembangan, serta koordinasi seluruh kegiatan cabang olahraga catur di Indonesia. 


Eddy menegaskan bahwa Percasi bukanlah organisasi keolahragaan yang baru, yang berarti harus diperjuangkan agar organisasi itu bisa lebih berkembang dan kian unggul.


Percasi resmi ada sejak 17 Agustus 1950. 


"Organisasi ini bukanlah organisasi baru, maka kita semua harus memperjuangkan agar organisasi ini semakin Unggul," ucapnya.


Visi dan misi Eddy Berutu selaku ketua terpilih Percasi Sumut juga tidak kalah menarik. 


Bidang pembinaan prestasi catur harus dimulai sejak dini, mulai dari tingkat SD, SMP, SMA/SMK secara berjenjang dengan membentuk klub-klub catur di setiap pemkab, pemkot, pemprov dan seterusnya. 


Selain itu, bidang organisasi menjadi unsur penting dalam struktur kepengurusan Percasi Sumut. 


Eddy menekankan hal ini sebagai sistem sentral database guna memastikan berjalannya fungsi roda organisasi yang baik.


"Bidang organisasi, juga salah satu unsur penting dalam struktur kepengurusan Percasi Sumut. Bidang ini merupakan sentral system data base guna memastikan berjalannya fungsi roda organisasi yang baik," sebutnya.


Meskipun demikian, bidang pengembangan dan bidang anggaran juga memiliki peran penting dalam organisasi. 


Keduanya berperan dalam mengadakan kerjasama (MOU) dengan dinas terkait seperti dinas pendidikan dan cabang dinas pendidikan di tingkat kabupaten/kota dan provinsi.


Dalam arahannya, Eddy Berutu mengajak seluruh pihak untuk bersama-sama membangun prestasi cabang olahraga catur di Indonesia, sehingga akan lahir generasi muda yang handal dan siap mengikuti even tingkat provinsi, nasional, bahkan internasional. 


Selama memimpin Percasi Sumut, ia juga mengajak seluruh pengurus Provinsi dan daerah untuk menyamakan persepsi dalam penyusunan dan pelaksanaan program sehingga organisasi dapat berjalan dengan lebih baik.


Penulis : Rudi

Redaktur : Son