Iklan Header

Sabtu, 23 Maret 2024, 12:54 WIB
Last Updated 2024-03-23T05:54:26Z
DairiPenyuluhPertanian

Bupati Dairi di Apresiasi Kementerian Pertanian

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian Kementerian Pertanian Prof. Dr. Dedi Nursyamsi  bersama Bupati Dairi, Eddy Keleng Ate Berutu. (Foto/ Dok. Kominfo Dairi).

DAIRI – nduma.id


Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian Kementerian Pertanian Prof. Dr. Dedi Nursyamsi memberikan apresiasi atas kepedulian Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu terhadap petani di Kabupaten Dairi.


Dalam pertemuan koordinasi antara bupati dan Kementerian Pertanian, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian juga menyoroti penguatan lembaga penyuluh pertanian, khususnya di Kabupaten Dairi, Jumat, 22 Maret 2024.


Menurut Dedi, Bupati Dairi telah menunjukkan aktif dan peduli kepada petani di wilayah nya.


Hal ini dibuktikan dengan banyaknya program Kementan di Kabupaten Dairi, seperti klaster food estate (pertanian terpadu), HDDAP, gratieks komoditas kopi, program YESS-SI, dan intensifikasi semua komoditas khususnya padi dan jagung.


"Bupati Dairi telah aktif dan peduli kepada petani Dairi. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya program Kementan di Kabupaten Dairi, seperti klaster food estate (pertanian terpadu), HDDAP yang sudah berjalan, gratieks komoditi kopi, program YESS-SI yang akan berjalan tahun ini, termasuk intensifikasi semua komoditi khususnya padi dan jagung," katanya.


Kondisi demikian membuktikan bahwa Bupati Dairi adalah pemimpin yang memiliki kepedulian yang besar kepada petani di Kabupaten Dairi.


Penyuluh pertanian dianggap sebagai perpanjangan tangan pemerintah yang paling dekat dengan petani, yang langsung berhubungan dengan Kementan/BPPSDMP.


Selain bertugas dalam mensukseskan program pemerintah di bidang pertanian, penyuluh pertanian juga diberikan tugas khusus untuk mendampingi petani dalam meningkatkan produksi.


"Selain bertugas untuk mensukseskan program pemerintah di bidang pertanian, penyuluh mempunyai tugas khusus untuk mendampingi petani meningkatkan produksi," katanya.


Badan Pengembangan dan Penyuluhan SDM Pertanian memberikan rekomendasi untuk menambah tenaga penyuluh pertanian berstatus PPPK dan PNS sebanyak 123 orang.


Seiring dengan rekomendasi ini, Bupati Dairi dapat mengajukannya kepada Kementerian PAN RB.


Dalam koordinasi tersebut, Kementan menegaskan komitmennya untuk membantu penyediaan kekurangan tenaga penyuluh, penyediaan fasilitas, serta memperbaiki kinerja penyuluh pertanian.


Kementan juga berusaha untuk mendatangkan Menteri Pertanian untuk melihat langsung pertanian di Kabupaten Dairi.


Akhirnya, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian mengingatkan tentang pentingnya hilirisasi jagung sehingga hasil produksi jagung dapat diolah sendiri untuk pakan ternak, sehingga menciptakan nilai tambah bagi petani di


Penulis :  Rudi

Redaktur : Son