Iklan Header

Rabu, 27 Maret 2024, 21:43 WIB
Last Updated 2024-03-30T14:49:13Z
DairiIbu-IbuKeluarga Berencana

Bupati Dairi Beri Apresiasi Program Keluarga Berencana

Bupati Dairi menyapa warga. (Foto/Dok. Kominfo Dairi).



DAIRI – nduma.id


Bupati Dairi, Dr. Eddy Keleng Ate Berutu memberikan apresiasi kepada 40 istri yang telah mengikuti program Keluarga Berencana (KB) dalam kunjungan kerjanya ke Kecamatan Parbuluan, Selasa 26 Maret 2024.


Program ini diadakan oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB).


Eddy Berutu menyatakan bahwa kesadaran ibu-ibu yang telah mengikuti program KB hari ini, melalui pemasangan implan, memperlihatkan bahwa mereka telah memiliki kesadaran akan pentingnya menjaga jarak kehamilan guna meminimalisir angka kematian bayi serta meningkatkan kesehatan ibu dan anak.


Program KB harus terus didukung agar dapat mengendalikan pertambahan jumlah penduduk, membatasi angka kelahiran, dan mengatur jarak kelahiran sehingga dapat menciptakan keluarga sehat sejahtera.


“Kesadaran ibu-ibu yang telah mengikuti program KB hari ini, melalui pemasangan implan, perlu kita apresiasi. Karena ini menunjukkan bahwa mereka telah memiliki kesadaran akan pentingnya menjaga jarak kehamilan guna meminimalisir angka kematian bayi serta meningkatkan kesehatan ibu dan anak,” ucap Eddy Berutu.


Eddy Berutu juga mengingatkan bahwa terdapat beberapa persepsi yang salah tentang kebijakan KB, di mana masih banyak masyarakat yang menganggap kalau hanya perempuan yang harus mengikuti KB.


Padahal, pemikiran ini harus diluruskan bahwa KB juga dapat diikuti oleh laki-laki dan perlu dilakukan sosialisasi masif agar partisipasi laki-laki dalam mensukseskan program KB dapat meningkat.


“Terdapat beberapa persepsi yang salah tentang kebijakan KB, dimana masih banyak masyarakat yang menganggap kalau hanya perempuan yang harus mengikuti KB. Pemikiran ini harus kita luruskan bahwa KB juga dapat diikuti oleh laki-laki. Namun disayangkan, partisipasi laki-laki dalam program ini masih rendah,” katanya.


Pemerintah Kabupaten Dairi akan terus mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada pasangan suami istri yang mau mendukung program KB untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Indonesia.


Rustina Gultom, salah seorang peserta KB, menyampaikan terima kasih atas perhatian dan kepedulian Pemerintah Kabupaten Dairi terhadap kesehatan ibu dan anak atas apresiasi yang diberikan.


Program KB dapat menjadi salah satu cara untuk meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat, sehingga perlu terus didukung dan ditingkatkan dalam masyarakat.


Penulis : Rudi

Redaktur : Son