Iklan Header

Kamis, 21 Maret 2024, 16:58 WIB
Last Updated 2024-03-21T09:58:05Z
AlsintanDairiPertanian

Bantuan Alsintan, Upaya Pemkab Dairi Meningkatkan Produktivitas Pertanian

Penyerahan alat pertanian kepada petani. (Foto/Dok. Kominfo Dairi).

DAIRI, Sidikalang – nduma.id


Bupati Dairi, Eddy Keleng Ate Berutu menyerahkan bantuan Alat dan Mesin Pertanian (Alsintan) berupa cultivator dan mesin pencacah rumput kepada beberapa kelompok petani di Desa Sitinjo II, Kecamatan Sitinjo, Rabu, 20 Maret 2024.


Dalam kunjungannya, bupati memberikan 3 cultivator dan 1 mesin pencacah rumput khusus untuk warga Sitinjo dalam upaya meningkatkan produktivitas pertanian.


"Di kunjungan kerja hari ini, saya menyerahkan Alsintan 3 cultivator dari 15 cultivator yang sudah dipersiapkan, ditambah satu mesin pencacah rumput khusus untuk warga Sitinjo," kata Bupati Eddy Berutu.


Menurut Bupati Eddy Berutu, bantuan Alsintan yang diberikan sebagai bagian dari upaya meningkatkan kesejahteraan petani di Dairi.


Dengan bantuan ini, diharapkan petani dapat meningkatkan produksi hasil pertanian mereka dan secara ekonomi dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan keluarga petani.


Namun, sebagai daerah pertanian, Dairi menghadapi kesulitan dalam membangun infrastruktur, terutama di wilayah pertanian.


Bupati juga menyampaikan bahwa banyak program yang ingin diluncurkan pada awal jabatannya, tetapi pandemi Covid-19 telah membuat pembangunan terhambat.


Namun, dengan seizin Tuhan, pembangunan di Dairi katanya masih berlanjut dengan program Dairi Unggul yang Berkelanjutan.


"Sebenarnya di awal jabatan saya, banyak hal, banyak program yang ingin saya lakukan. Namun, tidak lama setelah dilantik, Pandemi Covid 19 datang menghadang yang berdampak pembangunan tersendat, dan anggaran kita banyak di refocusing. Semoga dengan seizin Tuhan kita bisa teruskan dengan Program Dairi Unggul yang Berkelanjutan," katanya.


Penerima bantuan, Edison Panjaitan dan Sukari menyatakan rasa terima kasih atas perhatian bupati terhadap warga Sitinjo.


Mereka berharap bantuan ini dapat digunakan untuk meningkatkan hasil pertanian dan ekonomi mereka.


"Puji syukur, kami mendapatkan bantuan dari pemerintah, ini berkat perjuangan, perhatian pada kami," kata Edison.


Penyerahan Alsintan ini juga dihadiri oleh Kepala Dinas Pertanian Kpp Dairi, Robot Simanullang beserta jajaran, Camat Sitinjo, Untung Nahampun, Ketua TP PKK Kabupaten Dairi Romy Mariani Simarmata- Ny. Eddy Berutu, dan para petani yang tergabung dalam kelompok tani di Kecamatan Sitinjo.


Diharapkan bantuan ini dapat memberikan manfaat baik bagi petani dan meningkatkan kesejahteraan ekonomi mereka. Pemerintah terus berkomitmen untuk mendukung sektor pertanian di Indonesia demi mewujudkan ketahanan pangan dan kesejahteraan petani.


Penulis : Rudi

Redaktur : Son