Iklan Header

Sabtu, 24 Februari 2024, 19:47 WIB
Last Updated 2024-02-24T12:49:14Z
Pakpak BharatPertanian

Pakpak Bharat Tandatangani Nota Kesepahaman Bersama Budi Daya Pertanian Hingga Pasca Panen

Bupati Pakpak Bharat menandatangani perjanjian. (Foto/Dok. Kominfo Pakpak Bharat).

Pakpak Bharat - nduma.id


Bupati Pakpak Bharat, Franc Benrhard Tumanggor, menghadiri penandatanganan Nota Kesepahaman Bersama Budi Daya Pertanian Hingga Pasca Panen di Food Estate Sumatera Utara, khususnya di Kabupaten Pakpak Bharat, Jumat, 23 Februari 2024. 


Acara tersebut bertujuan untuk memperluas cakupan pengelolaan areal food estate hingga pasca panen untuk membantu meningkatkan ketersediaan pangan serta kesejahteraan para petani mitra food estate.


Kegiatan ini diselenggarakan di Desa Riaria, Kecamatan Pollung, Kabupaten Humbang Hasundutan, dan dihadiri oleh banyak undangan penting, termasuk Deputi Bidang Koordinasi Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Nani Hendiarti. 


Dalam sambutannya, Bupati Pakpak Bharat menyatakan bahwa salah satu kunci sukses dari food estate di kabupaten tersebut adalah masyarakat Pakpak Bharat yang mayoritas adalah petani. 


Menurutnya, tidak sulit untuk mengedukasi masyarakat tentang bercocok tanam yang baik.


"Masyarakat kami sebagian besar adalah petani, ini modal utama kami, jadi tidak terlalu sulit mengedukasi masyarakat tentang bercocok tanam yang baik," katanya.


Bupati juga memperlihatkan harapannya bahwa hadirnya program pangan ini dapat membantu Kabupaten Pakpak Bharat untuk dapat menyediakan pangan mereka sendiri tanpa harus tergantung pada daerah lain. 


Tujuan utama mereka adalah untuk membuat Kabupaten Pakpak Bharat mandiri dalam hal pangan.


"Tujuan kami itu, Pakpak Bharat harus mandiri secara pangan, tidak tergantung Daerah lain," pungkas dia.


Menurut Deputi Bidang Koordinasi Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Nani Hendiarti, proses pengembangan Food Estate Sumatera Utara akan terus berkelanjutan. 


Ia menambahkan bahwa dukungan dari semua pihak sangat diperlukan untuk membuat pengelolaan food estate ini bisa semakin baik dan semakin luas.


Penulis : Rudi

Editor : Son