Iklan Header

Kamis, 22 Februari 2024, 11:12 WIB
Last Updated 2024-02-22T04:12:20Z
DairiMusrenbangPembangunan

Musrenbang Tigalingga, Sinergi Pemerintah dan Masyarakat dalam Pembangunan

Penandatanganan hasil Musrenbang di Kecamatan Tigalingga. (Foto/Dok. Kominfo Dairi).

DAIRI, Tigalingga - nduma.id


Forum konsultasi publik dan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) serta rembuk stunting tahun 2024 di Kecamatan Tigalingga, Kabupaten Dairi, berlangsung dengan baik dan lancar pada Rabu, 21 Februari 2024 di Aula Kantor Camat Tigalingga. 


Bupati Dairi, Dr. Eddy Keleng Ate Berutu, diwakili oleh staf ahli Bupati Dairi, dr. Nitawati Sitohang membuka acara tersebut.


Nitawati menyampaikan bahwa Musrenbang merupakan acara yang wajib dilaksanakan setiap tahun.


Tujuannya penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kabupaten Dairi, sesuai dengan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang sistem Perencanaan Pembangunan Nasional (SPPN) dan Permendagri Nomor 86 Tahun 2017 tentang tata cara perencanaan, pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah.


Musrenbang Kecamatan Tigalingga dikatakan merupakan musyawarah para pemangku kepentingan (stakeholder) tingkat kecamatan untuk mematangkan usulan program/kegiatan prioritas yang diusulkan masing-masing desa/kelurahan berdasarkan hasil musrenbang di desanya. 


Hal ini menjadi wadah sinergisasi aspirasi masyarakat dan seluruh pemangku kepentingan, juga dalam rangka penajaman dan penyempurnaan usulan program Kecamatan.


"Dalam penyusunan RKPD ada beberapa tahapan yang harus kita lalui adalah melaksanakan forum konsultasi publik dan Musrenbang di tingkat Kecamatan untuk melakukan koordinasi antar pemerintah dan partisipasi seluruh pelaku pembangunan," ujarnya.


Camat Tigalingga, Saut Margadana Sinaga berharap Musrenbang ini dapat memberikan dampak positif pada tahun 2025 untuk Kecamatan Tigalingga. 


Dia berharap agar usulan-usulan dari Kecamatan Tigalingga dapat terlaksana dan terealisasi sehingga semakin banyak pembangunan di kecamatan tersebut.


"Kita sudah mengikuti forum konsultasi publik di kecamatan Tigalingga hari ini. Jadi, kita sangat berharap kepada pimpinan kami, agar kiranya pada Tahun 2025, semakin banyak pembangunan di kecamatan Tigalingga. Kita berharap, usulan-usulan dari Kecamatan Tigalingga ini dapat terlaksana dan terealisasi," katanya.


Musrenbang kecamatan Tigalingga turut dihadiri oleh perwakilan dari masing-masing OPD Pemkab Dairi, unsur muspika Kecamatan, dan Kades se-Kecamatan Tigalingga. 


Dengan terlaksananya Musrenbang ini, diharapkan dapat memperkuat sinergi antara pemerintah dan masyarakat dalam pembangunan daerah Kabupaten Dairi.


Penulis : Rudi

Editor : Son