Iklan Header

Selasa, 27 Februari 2024, 16:27 WIB
Last Updated 2024-02-28T02:32:02Z
iva tesPakpak BharatPKK

Memupuk Hasrat Lebih Baik Melalui Supervisi Desa Binaan PKK Tahun 2024 di Pakpak Bharat

Penyerahan program hatinya PKK. (Foto/Dok. Kominfo Pakpak Bharat).

Pakpak Bharat - nduma.id


Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat melalui Tim Penggerak PKK melaksanakan Supervisi Desa Binaan Pola Asuh Anak dan Remaja (PAAR), HATINYA PKK, dan IVA Test Tahun 2024. 


Acara yang digelar di Bale Sada Arih ini turut dihadiri oleh Perwakilan TP PKK Provinsi Sumatera Utara, Riza Vahlevi Lubis, selaku Sekretaris I TP PKK Provinsi Sumatera Utara bersama rombongan, Selasa 27 Februari 2024.


Dalam acara tersebut, Ketua TP PKK Kabupaten Pakpak Bharat, Juniatry Franc Benhard Tumanggor menjelaskan mengenai Supervisi Desa Binaan PKK, menyusul terbitnya Surat Keputusan Bupati Pakpak Bharat tentang Kecamatan dan Desa Percontohan Binaan Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga Kabupaten Pakpak Bharat tahun 2024. 


Dalam surat keputusan tersebut, Desa Sukaramai, Kecamatan Kerajaan dijadikan Desa Percontohan Pola Asuh Anak dan Remaja (PAAR), Desa Kuta Jungak, Kecamatan Siempat Rube dijadikan Desa Percontohan Amalkan dan Kukuhkan Kalaman Asri Teratur Indah dan Nyaman (AKu Hatinya PKK), dan Kecamatan Tinada dijadikan Kecamatan IVA Test.


Juniatry Franc Bernhard Tumanggor, Ketua TP PKK Kabupaten Pakpak Bharat, menyatakan bahwa bersama para kader tingkat Kabupaten, Kecamatan, dan Desa terus berupaya sedaya upaya melakukan pembinaan secara berjenjang. 


Hal ini dilakukan bersama-sama dengan para Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Pakpak Bharat selaku Anggota Dewan Pembina untuk melakukan pembinaan terhadap Kecamatan dan Desa sesuai program Pemerintah.


"Implementasi dari keputusan Bupati dimaksud, kami dan para kader tingkat Kabupaten, Kecamatan dan Desa terus berupaya sedaya upaya melakukan pembinaan secara berjenjang bersama dengan para Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Pakpak Bharat selaku Anggota Dewan Pembina melakukan pembinaan terhadap Kecamatan dan Desa," jelas Juniatry Franc Bernhard Tumanggor dalam laporannya.


Wakil Bupati, H. Mutsyuhito Solin, Dr, M.Pd yang mewakili Bupati Pakpak Bharat Franc Bernhard Tumanggor berpesan agar kegiatan Supervisi Desa Binaan PKK ini benar-benar dapat membawa manfaat bagi masyarakat di Desa. 


Sistem koordinasi dan konsultasi harus tetap terlaksana dengan baik dan berkelanjutan agar anggaran dan program kerja PKK dapat berlanjut dan berjalan dengan baik.


"Seringkali kita mendengar ungkapan yang mengatakan “ hari ini harus lebih baik dari hari kemarin, dan hari esok harus lebih baik dari hari ini”, maka kita sebagai insan manusia harus memiliki Hasrat dasar dan naluri untuk berbuat sesuatu yang lebih baik lagi," pesan Bupati disampaikan Wakil Bupati.


Berbicara mengenai inovasi dan kreativitas, Pejnabat Ketua TP PKK Provinsi Sumatera Utara, Dessy Hassanudin dalam sambutan tertulisnya berpesan bahwa penting untuk menciptakan jaringan kemitraan yang luas tanpa mengikat dan terus mencari berbagai inovasi dan kreativitas yang menarik. 


PKK harus dapat mengikuti perkembangan zaman dan teknologi serta menjalankan pembinaan terhadap kelompok dasawisma dengan rentang kendali 1-3-6-9-12 untuk mencapai hasil yang maksimal.


Penulis : Rudi

Editor : Son