Iklan Header

Selasa, 27 Februari 2024, 11:43 WIB
Last Updated 2024-02-27T04:43:07Z
DairiJaminan SosialJamsostek

Kakan Wilayah BPJS Ketenagakerjaan Sumbagut Apresiasi Program Perlindungan Tenaga Kerja Pemkab Dairi

Bupati Dairi bersama Kakan BPJS Wilayah Sumut. (Foto/Dok. Kominfo Dairi).

DAIRI - nduma.id


Kepala Kantor Wilayah BPJS Ketenagakerjaan Sumbagut, Hengky Rhosidien, menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Dairi atas komitmen mereka dalam mendorong upaya perlindungan sosial bagi tenaga kerja. 


Hengky menyatakan terima kasih atas komitmen Bupati Dairi, Dr. Eddy Keleng Ate Berutu, yang telah menjalankan program jaminan tenaga kerja dan perlindungan sosial bagi Tenaga Harian Lepas (THL) dan perangkat desa.


Itu dikatakan Hengky saat pertemuan dalam rangka Kerjasama Pemkab Dairi bersama dengan BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Sumbagut, yang digelar di Medan, Senin 26 Februari 2024.


"Kami dari BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Sumbagut menyampaikan terima kasih atas komitmen Bupati Dairi yang telah mendorong penyelenggaraan program jaminan tenaga kerja dan perlindungan sosial bagi Tenaga Harian Lepas (THL) dan perangkat desa," kata Hengky dalam pertemuan.


Hengky juga mendorong Pemkab Dairi untuk berpartisipasi dalam ajang Penghargaan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan atau Paritrana Award Tahun 2024. 


Paritrana Award merupakan penghargaan dari pemerintah pusat untuk pemerintah daerah dan perusahaan badan usaha yang memiliki kepedulian dan citra positif terhadap program jaminan sosial ketenagakerjaan.


"Kita juga mendorong untuk Pemkab Dairi untuk bisa ikut serta dalam ajang Penghargaan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan atau Paritrana Award Tahun 2024," tandasnya.


Bupati Dairi, Dr. Eddy Keleng Ate Berutu, menyampaikan bangga dan terimakasih kepada BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Sumbagut yang telah memberikan perhatian pada Pemkab Dairi dalam mengatasi persoalan jaminan ketenagakerjaan. 


Beliau menyatakan bahwa upaya pemkab Dairi selama ini tidak terlepas dari pelaksanaan program pemerintahan yang diemban dalam visi-misi pemerintahannya, yakni untuk mensejahterakan masyarakat. 


Salah satu upaya yang telah dilakukan Pemkab Dairi adalah memberikan Perlindungan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan bagi para pekerja rentan.


Bupati mengatakan bahwa untuk pembiayaan dari APBD tidaklah cukup. 


Oleh karena itu, agar target sasaran bisa diperluas, dapat dilakukan dengan membuka alternatif pendanaan seperti menggunakan dana CSR dari perusahaan di sekitar atau menggunakan dana Bagi Hasil Sawit. 


"Tentu untuk pembiayaan dari APBD tidaklah cukup maka agar target sasaran bisa diperluas dapat dengan membuka alternatif pendanaan menggunakan dana CSR perusahaan disekitarnya atau menggunakan dana Bagi Hasil Sawit saat ini," ujar Eddy Berutu.  


Selain itu, Pemkab Dairi juga akan memberikan Perlindungan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan bagi para petugas Pilkada dan kepada atlet olahraga.


Kerjasama antara Pemkab Dairi dan BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Sumbagut diharapkan dapat memperkuat program jaminan sosial ketenagakerjaan dan hari tua di Kabupaten Dairi dan para tenaga kerja dapat merasa dilindungi oleh pemerintah daerah. 


Penulis : Rudi

Editor : Son