Iklan Header

Selasa, 07 November 2023, 06:20 WIB
Last Updated 2023-11-06T23:20:00Z
BanjirDrainaseKaro

Wabup Karo Tinjau Genangan Air di Berastagi Sampai Merdeka

Wabup Karo saat meninjau jalan kerap banjir. (Foto/Istimewa).

KARO, Berastagi – nduma.id


Ada pepatah yang mengatakan, "Dimana ada kemauan, ada jalan." Mungkin pepatah ini bisa menggambarkan usaha Wakil Bupati Karo, Theopilus Ginting, saat meninjau beberapa titik ruas jalan yang kerap tergenang air jika hujan, Senin 6 November 2023


Tepatnya di Jalan Korpri, Kecamatan Berastagi sampai Simpang Tangkulen, Kecamatan Merdeka.


Di beberapa titik di lokasi ini, seperti di belakang Rumah Sakit Amanda, Theopilus mendapati genangan air sampai ke badan jalan.


Titik ini dikatakan menjadi penyebab banjir saat hujan karena drainase yang tidak maksimal.


"Drainase tersumbat,tidak berfungsi. Upaya yang dapat kita lakukan yaitu  membersihkan bahu jalan agar air tidak tergenang di badan jalan dan pembersihan drainase yang tersumbat,” kata Wabup.


Pembersihan dikatakan harus segera dilakukan, apalagi saat ini musim penghujan.


Kapasitas curah hujan tinggi dikatakan air akan meluap ke badan jalan.


Tapi menurutnya, upaya ini tidak akan berhasil tanpa adanya dukungan dari masyarakat.


Oleh karena itu, Wakil Bupati Karo juga mengingatkan masyarakat agar menjaga kebersihan lingkungan dengan cara tidak membuang sampah pada drainase, yang nantinya akan menyebabkan penyumbatan.


Selain itu, peninjauan ini juga dimaksudkan untuk mengecek apakah ada jalan alternatif yang dapat digunakan untuk menghindari kemacetan yang kerap terjadi di Pajak Roga Berastagi dan mengantisipasi kepadatan lalu lintas.


Dalam peninjauan ini, Wakil Bupati Karo tidak sendirian.


Ia didampingi oleh Kepala Dinas Kominfo, Camat Berastagi dan Merdeka, Kabag Umum, Kabag Sosial dan Kesra, Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan, serta perwakilan Dinas PUTR Kabupaten Karo dan Bappedalitbang Kabupaten Karo.


Melalui sinergi antara pemerintah daerah dan masyarakat, diharapkan genangan air di Jalan Korpri - Simpang Tangkulen segera terselesaikan, sehingga tidak lagi menjadi ancaman banjir dan dapat meningkatkan kualitas hidup warga setempat.


Penulis: Luhut

Editor : Rudi